Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Menumbuhkan Jiwa Bahari Remaja Indonesia

Minggu, 24 Juli 2016 – 17:27 WIB
Begini Cara Menumbuhkan Jiwa Bahari Remaja Indonesia - JPNN.COM
Putra-puteri peserta lomba pemilihan remaja bahari sedang tampil di atas cat walk panggung di dermaga Kolinlamil. FOTO: Dispen Kolinlamil

jpnn.com - JAKARTA - Tidak seperti biasanya, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang selalu hiruk pikuk dengan kegiatan embarkasi dan debarkasi personel maupun material.

Namun, Kamis (21/7) lalu, dermaga Kolinlamil diramaikan dengan lenggak lenggok gaya para remaja. Mereka mengikuti lomba pemilihan putra-putri remaja bahari dalam rangka meriahkan HUT ke-55 Kolinlamil.

Acara pemilihan putra-putri remaja bahari ini diikuti para remaja yang berasal dari 8 sekolah menengah atas (SMA) di wilayah DKI Jakarta. Yakni SMA 46, SMA 15, SMA 73, SMA 12, SMA 71, SMA 21, SMK 7, SMK 1 Hang Tuah dan SMK 2 Priok.

“Sebanyak 30 siswa-siswi terpasangkan dan lima belas pasangan dari 8 sekolah menengah di Jakarta ini  dipilih menjadi remaja bahari dalam rangka HUT ke-55 Kolinlamil,” kata Ketua Panitia HUT ke-55 Kolinlamil Kolonel Laut (E) Yasa Nuryasa di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut Yasa, para siswa ini akan menjadi perwakilan generasi muda yang mengajak para remaja untuk mencintai laut, mengelola laut, dan mengelola potensi laut untuk kepentingan bangsa dan negara.

Lomba mengundang perhatian para prajurit dan warga sekitar Markas Kolinlamil . Mereka datang berbondong-bondong menyaksikan penampilan para remaja. Terutama remaja putra dan putri ini yang mengenakan kostum bermacam-macam warnanya dan coraknya. Ada yang mengenakan kostum nelayan, kostum abang none Jakarta, kostum casual pantai dan sebagainya.
 
Menurutnya, kriteria penilaian dalam lomba pemilihan remaja bahari ini di antaranya performance kostum, keserasian dengan pasangan peserta, kemampuan menjawab pertanyaan dan wawasan pengetahuan.
 
Pada kesempatan yang sama, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Aan Kurnia, mengatakan laut bisa memberikan banyak manfaat bagi Indonesia. Namun sayangnya ketertarikan dan perhatian generasi muda terhadap laut masih minim.
 
'Kami ingin sekali generasi muda dari awal mencintai laut. Laut sangat menjanjikan. Laut bisa memberi potensi baik sekali bagi negara kita,” ujar Pangkolinlamil melalui siaran pers Kadispen Kolinlamil, Letkol Laut (KH) Bazisokhi Gea.
 
Kegiatan ini juga dilakukan agar para peserta bisa menjadi agen perubahan untuk para remaja setingkat sekolah menengah atas agar mau mencintai laut dan bahari Indonesia.
 
Selain pemilihan remaja bahari, saat yang sama dilaksanakan pula lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) kreasi antar SMA se-Jakarta. Lomba ini diadakan juga untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme para remaja khususnya para pelajar SLTA. Di samping untuk menumbuhkan ketertarikan dan peminatan terhadap dunia militer khususnya TNI Angkatan Laut.
 
Lomba PBB kreasi diikuti 7 SMA se-wilayah DKI Jakarta seperti SMA 46, SMA 78, SMA 16, SMA 21, SMA 73, SMA 1 Hang Tuah dan SMKN 16.
 
Lomba baris-berbaris kreatif ini terlihat sangat atraktif. Terlebih para peserta memakai kostum sebagai pendukung penampilannya. Mereka mengenakan aneka kostum yang bervariasi, sehingga sangat menarik bagi yang menyaksikannya.
 
Acara Grand Final lomba remaja bahari dan PBB kreatif dilangsung pada Minggu (24/7). Pada puncak acara Kolinlamil Open Day yang merupakan ajang besar Kolinlamil dalam mengenalkan dirinya kepada masyarakat luas.(fri/jpnn)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close