Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Guyur Pengusaha Start Up Rp 13 Miliar

Senin, 25 Juli 2016 – 06:45 WIB
Pemerintah Guyur Pengusaha Start Up Rp 13 Miliar - JPNN.COM
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - TANGERANG SELATAN - Pengusaha pemula atau start-up seolah bisa tersenyum dan tak perlu resah dengan urusan modal. Pemerintah mulai mengucurkan insentif untuk suntikan modal usaha. Melalui program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) 2016, 50 unit start-up bisa dapat suntikan uang Rp 250 juta sampai Rp 270 juta.

Program IBT 2016 itu digulirkan Kemenristekdikti. Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp 13 miliar. 

Menristekdikti Muhammad Nasir memimpin langsung penandatanganan kontrak penyaluran suntikan dana yang berpusat di gedung Technology Business Incubator Center (TBIC) Serpong, Tangerang Selatan, kemarin (24/7).

Nasir mengatakan, dana insentif yang diberikan jangan dianggap sebagai tujuan akhir. "Uang ratusan juta ini kecil. Jauh dibandingkan potensi bisnis usaha kalian," tuturnya. Dia menuturkan, semua start-up yang lolos seleksi berpotensi menjadi perusahaan kelas menengah dan besar skala nasional dan internasional.

Menurut dia, untuk menjadi perusahaan berskala besar, peserta inkubasi bisnis harus memiliki komitmen. Yakni, terus mengembangkan bisnis berbasis teknologi. 

Dia menyatakan, tidak sembarang start-up bisa memperoleh suntikan modal itu. Kriteria utamanya adalah harus merupakan bisnis yang berbasis pemanfaatan teknologi.

Khususnya teknologi yang sudah ditetapkan pemerintah menjadi prioritas pengembangan. Total ada delapan jenis bidang teknologi yang menjadi prioritas nasional. 

Yakni, bidang kemaritiman, kesehatan dan farmasi, pangan, pertahanan dan keamanan, energi, teknologi informasi, transportasi, serta material maju. Material maju adalah pengukiran berbahan dasar kayu, akrilik, atau aluminium.

TANGERANG SELATAN - Pengusaha pemula atau start-up seolah bisa tersenyum dan tak perlu resah dengan urusan modal. Pemerintah mulai mengucurkan insentif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close