Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kata Marwan, Program Desa Online Percepat Pembangunan

Senin, 25 Juli 2016 – 18:48 WIB
Kata Marwan, Program Desa Online Percepat Pembangunan - JPNN.COM
Marwan Jafar. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengumpulkan para pimpinan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Senin (25/7).

Marwan  mendorong mereka agar dapat bergerak cepat dalam menerapkan program desa online atau Sistem Informasi Desa. 

"Desa online ini akan mempercepat desa membangun. Nanti segala informasi tentang desa ada di dalamnya sehingga potensi desa, produk unggulan desa, dan progres pembangunan desa bisa dipromosikan dan diakses dengan mudah," ujar Marwan.

Tokoh asal Pati, Jawa Tengah ini menambahkan, desa online juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana transparansi desa. Laporan tentang rencana pembangunan desa, pengelolaan dana desa dan progres pembangunan desa bisa dilakukan melalui desa online.

Karena itu ‎dengan adanya jaringan desa online, kata Marwan, desa-desa di Indonesia tak lagi terisolasi dan akan lebih melek tekhnologi.

"Akses informasi akan mudah didapatkan, sehingga transfer ilmu dan tekhnologi bisa cepat sampai ke desa. Desa harus menjadi subjek, bukan lagi sekedar penonton," ujar Marwan.

Marwan yakin, proses desa membangun akan semakin kencang terjadi, terutama dengan adanya dana desa yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Apalagi ditambah desa online yang akan mempermudah informasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembangunan, termasuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) bisa disampaikan kepada masyarakat desa dan terdokumentasi dengan baik.

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengumpulkan para pimpinan Badan Pemberdayaan Masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close