Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rindu Hidup seperti di Kota, Rakyat Siap Beli Tiang

Selasa, 26 Juli 2016 – 00:09 WIB
Rindu Hidup seperti di Kota, Rakyat Siap Beli Tiang - JPNN.COM
TAK BERLISTRIK - Inilah Betang Lunsa Hilir di Dusun Danumdoro, Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan, yang sampai saat ini belum dialiri listrik. Foto diambil belum lama ini. Foto: Andreas/Rakyat Kalbar/JPNN.com

jpnn.com - MIMPI warga Betang Lunsa Hilir, Dusun Danumdoro, Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan, sebenarnya sederhana.  Rakyat di sana rindu nikmatnya diterangi listrik dari negara melalui PLN, seperti layaknya warga negara di kota-kota. 

Andreas, Putussibau

Untuk penerangan, saat ini Betang Lunsa Hilir dan sekitarnya masih mengandalkan Genset (generator set). Dari penuturan Sampe, tokoh masyarakat setempat, pihaknya pernah mengajukan langsung usulan ke manajemen PLN Rayon Putussibau. Namun, permintaan itu dilempar ke PLN Kantor Cabang di Sanggau.

“Sampai ke sana tidak juga ada respon. Sementara lampu listrik yang ada di kita cuma dari Genset,” ujarnya kepada Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), belum lama ini.

Saking ingin kampungnya terang benderang, lanjut Sampe, masyarakat setempat bersedia menanggung biaya pembelian tiang jika PLN bersedia memasang jaringan. Sebab, tak jauh dari mereka,  Desa Urang Unsa sudah menikmati listrik.

“Masyarakat pernah meminta dan membantu pembelian tiang. Karena perkiraan sekitar tiga tiang (listrik) udah bisa sampai di rumah kami,” ungkapnya.

Ia menegaskan, meski kecil, masyarakat dusunnya berkontribusi untuk negara dalam hal bayar pajak dan sebagainya. 

“Harapan kami kepada pihak yang berwenang atau melalui desa bisa membantu supaya di sini dialiri listrik. Karena kami juga punya hak di negeri ini,” tandas Sampe.

MIMPI warga Betang Lunsa Hilir, Dusun Danumdoro, Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan, sebenarnya sederhana.  Rakyat di sana rindu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close