Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketahui Tanda-tanda Anda Mengalami Anemia

Selasa, 26 Juli 2016 – 12:40 WIB
Ketahui Tanda-tanda Anda Mengalami Anemia - JPNN.COM
Ilustrasi

jpnn.com - ANEMIA, kerap dikaitkan dengan kekurangan zat besi. Namun, ada hal lain yang menyebabkan Anda menderita anemia. Beberapa di antaranya seperti kekurangan vitamin B12, kerusakan sel darah merah kronis dan anemia aplastik.

Tanda-tanda dan gejala kekurangan zat besi bisa mencakup kuku rapuh, bengkak atau nyeri lidah, celah-celah di sisi mulut, pembesaran limpa, dan sering infeksi.

Berikut beberapa tanda Anda menderita anemia, seperti dilansir laman MSN, Senin (25/7).

1. Kelelahan.

Kelelahan dikatakan gejala yang paling umum dari anemia. Kelelahan ini terjadi karena tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke berbagai bagian lain dari tubuh Anda.

Tingkat hemoglobin jatuh mengakibatkan adanya penurunan tingkat darah yang dikirimkan ke otak Anda. Hal ini pada akhirnya menghasilkan lebih sedikit energi dan kelelahan.

2. Denyut jantung yang cepat atau tidak teratur.

Anemia bisa menyebabkan denyut jantung yang cepat atau tidak teratur (aritmia). Saat Anda mengalami anemia, jantung Anda harus memompa lebih banyak darah untuk mengkompensasi kekurangan oksigen dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan pembesaran jantung atau gagal jantung.

ANEMIA, kerap dikaitkan dengan kekurangan zat besi. Namun, ada hal lain yang menyebabkan Anda menderita anemia. Beberapa di antaranya seperti kekurangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close