Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cerita Pelarian Kitina, Ibu Dua Anak Korban Perang di Mimika

Kamis, 28 Juli 2016 – 05:58 WIB
Cerita Pelarian Kitina, Ibu Dua Anak Korban Perang di Mimika - JPNN.COM
Nyonya Kitina Wenda menunjukkan surat-surat berharga miliknya yang tersisa, ketika berada di pengungsian Gereja GIDI Getsemani, Rabu (27/7). Foto: Eleuterius Leisubun/Radar Timika

jpnn.com - PERANG selalu memakan korban. Sedih, pilu, seperti yang dirasakan para korban konflik antarwarga di Kwamki Narama, Mimika, Papua, yang sudah berlangsung sekira tiga bulan ini. Seperti apa penderitaan mereka?

Eleuterius Leisubun/Radar Timika

Kitina Wenda tidak akan pernah mampu melupakan kejadian yang menimpa diri dan keluarganya. Kitina adalah salah seorang warga Kwamki Narama yang tak mau terlibat konflik atau mau berperang dengan sesamanya. 

Jantungnya tetap berdetak kencang, sebab kejadian itu datang bak angin yang tiba dengan cepat. Namun meninggalkan bekas luka di batin keluarganya. 

Ketika musuh datang, mereka hanya berteduh di dalam rumah sebagai tempat yang paling aman. Meski hati mereka terus berdebar dan memaksa tubuhnya untuk segera beranjak dan tinggalkan rumah mereka. 

Dengan pakaian yang melekat di badan, Kitina dan kedua anaknya, harus melarikan diri setelah membuka pintu belakang dan menuju ke hutan. 

Sebelum kejadian penyerangan pagi itu, Kitina sedang berada di dalam rumah dan hendak membuat sarapan bagi kedua anaknya. Tiba-tiba ada teriakan “Musuh Datang”. Meski teriakan dalam bahasa daerah itu sudah terdengar sejak subuh, namun dirinya tidak berani keluar rumah, sebab masih gelap. Dirinya hanya pasrah dan bertahan di dalam rumahnya yang berlantai tanah itu.

“Pagi-pagi itu kami belum sempat sarapan, mereka (musuh) sudah datang dan kami langsung lari. Hanya ijazah dan surat-surat yang bisa diselamatkan. Kami lari ke hutan,” ujar wanita paruh baya ini kepada Radar Timika.  

PERANG selalu memakan korban. Sedih, pilu, seperti yang dirasakan para korban konflik antarwarga di Kwamki Narama, Mimika, Papua, yang sudah berlangsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close