Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arus Kapal Domestik Jauh Lampaui Asing

Kamis, 28 Juli 2016 – 07:44 WIB
Arus Kapal Domestik Jauh Lampaui Asing - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA –Kahumas Pelabuhan Tanjung Perak Oscar Yogi menyebutkan, pada semester pertama tahun ini, kunjungan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak mencapai 7.261 unit.

Perinciannya, kapal pelayaran asing 1.034 kunjungan dan kapal domestik 6.227 kunjungan. ’’Rasio perbandingan pelayaran asing dan domestik adalah satu banding enam,’’ ujarnya kemarin (27/7).

Tren arus kunjungan setiap bulan untuk kapal pelayaran domestik cenderung meningkat hingga pertengahan tahun. Bahkan, pada Juni, arus kapal yang masuk bisa melebihi 1.000 kunjungan.

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, ada kenaikan 41 persen dengan jumlah hanya 824 kunjungan. Kapal pelayaran luar negeri cenderung stabil dengan rata-rata kunjungan setiap bulan sekitar 179 kapal.

Kapal pengangkut peti kemas merupakan yang paling intens, yakni 2.875 kunjungan, disusul pengangkut general cargo 1.074 dan kapal penumpang 723.

’’Secara keseluruhan, realisasi itu bisa mencapai target satu semester yang dipatok 7.179 kunjungan. Tentu ini positif terhadap kapasitas pelabuhan dalam menangani segala jenis komoditas yang diangkut kapal-kapal tersebut, khususnya pelayaran dalam negeri,’’ terangnya.

Meski perbandingan arus kapal domestik dan internasional terpaut jauh, tonasenya berbanding tipis. Tercatat hanya satu banding 1,2 dengan perincian tonase kapal asing 21 juta ton dan kapal domestik 25 juta ton.

Arus barang juga melampaui target yang ditetapkan. Arus barang untuk komoditas general cargo adalah 3,2 juta ton per meter kubik, curah kering (3,6 juta ton) dan curah cair (2,9 juta ton per liter).

SURABAYA –Kahumas Pelabuhan Tanjung Perak Oscar Yogi menyebutkan, pada semester pertama tahun ini, kunjungan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close