Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mantap, PGN Kini Jadi BUMN Gas Terbesar di Indonesia

Kamis, 28 Juli 2016 – 17:13 WIB
Mantap, PGN Kini Jadi BUMN Gas Terbesar di Indonesia - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto istimewa

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 7.100 kilometer (km). Jumlah itu setara 76 persen pipa gas bumi seluruh Indonesia.

Sejak puluhan tahun silam, PGN terus membangun jaringan gas bumi di berbagai daerah, semua dilakukan untuk mewujudkan cita-cita ketahanan energi bagi Indonesia.

Sri Budi Mayaningsih, Direktur Utama PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, anak usaha PGN mengatakan, untuk mencapai keberhasilan itu bukan sesuatu yang mudah karena banyak menemui kendala.

"Apalagi ini dilakukan sejak era 1970-an, di mana harga gas terpaksa dijual dengan murah, karena pada periode itu harga BBM masih murah karena disubsidi pemerintah bahkan sebagian dari impor," kata Sri.

PGN juga melakukan inovasi dengan sedikit mengubah pola bisnisnya, yang sebelumnya menyalurkan gas buatan menjadi menyalurkan gas bumi melalui pipa. Ini dilakukan pada periode 1974.

Langkah itu sambung Sri, bisa dibilang nekat karena saat itu penggunaan gas bumi untuk rumah tangga, komersial, industri dan pembangkit listrik belum berkembang karena harga BBM masih murah.

PGN kemudian melakukan pioneering dengan melakukan pembangunan infrastruktur pipa gas bumi di berbagai daerah. Salah satu proyek besar adalah proyek pipa gas transmisi South Sumatera West Java (SSWJ), dengan panjang lebih dari 1.000 km.

Pengembangan pipa-pipa gas distribusi terus dilakukan sehingga memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat.

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 7.100 kilometer (km). Jumlah itu setara 76 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close