Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Jadi Surga untuk Para Perompak

Kamis, 28 Juli 2016 – 19:09 WIB
Indonesia Jadi Surga untuk Para Perompak - JPNN.COM
Kapal TNI AL di perbatasan. Foto: dok. Jawa Pos

JAKARTA - Anggota ‎Komisi I DPR Charles Honoris menyatakan Indonesia saat ini telah menjadi surga bagi para parombak. Hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah kasus perompakan dalam beberapa tahun terakhir dengan WNI sebagai target.

Dia membuka per tahun 2014 ada sebanyak 141 kasus ‎perompakan di Asia Tenggara, 100 kasus di antaranya terjadi di wilayah Indonesia. Kemudian 2015 dari 190 kasus di dunia, mayoritas terjadi di perairan Indonesia.

"Dari data tersebut membuktikan bahwa Indonesia adalah surga dan target para perompak," kata Charles dalam sebuah diskusi di Universitas Paramadina Jakarta, Kamis (28/7).

Untuk itu politikus PDI Perjuangan tersebut meminta supaya konvensi internasional terkait perompakan perlu diratifikasi. Sebab, sekarang ini Indonesia belum memiliki hukum yang kuat mengatur soal perompakan.

"Secara umum penanganan segala kejahatan dan peIanggaran hukum di Iaut yurisdiksi nasional dilakukan oleh TNI Angkatan Laut. Salah satu regulasi yang mendekati adalah yang tertulis dalam Pasal 438 KUHP," jelasnya.

Ia juga mendorong pemerintah mengambil langkah konkrit dalam mengurangi serta memberantas perompakan yang korbannya adalah warga negara Indonesia, dengan cara memperkuat sistem pengamanan laut.

‎"Harus ada berkomitmen dan koordinasi yang kuat antar lembaga dan kementerian untuk mewujudkan rezim keamanan laut menuju visi lndonesia sebagai poros maritim dunia," pungkasnya.(fat/jpnn)

JAKARTA - Anggota ‎Komisi I DPR Charles Honoris menyatakan Indonesia saat ini telah menjadi surga bagi para parombak. Hal ini ditandai dengan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close