Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Teknologi Nuklir Sudah Aman tapi...

Kamis, 28 Juli 2016 – 20:50 WIB
Teknologi Nuklir Sudah Aman tapi... - JPNN.COM
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Renaldy Dalimi menyatakan bahwa teknologi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) memang sudah aman. Tapi, menurutnya, pilihan terhadap nuklir merupakan jalan terakhir untuk memenuhi kebutuhan energi nasional.

"Teknologi nuklir sudah aman. Tapi, kecelakaan yang terjadi bukan karena teknologinya, melainkan kesalahan desain, bencana alam, dan kesalahan operator," kata Renaldy, dalam Seminar Nasional "Nuklir Ramah Lingkungan dalam Pembangunan Nasional" yang digelar Kaukus Muda Indonesia (KMI) di Jakarta, Kamis (28/7).

Menurut dia, kalaupun membangun PLTN, bahan bakunya, uranium, yang terdapat di Indonesia belum ekonomis. Yang ada, pemerintah akan mengimpor uranium. "Karena harganya lebih murah," ujarnya.

Apalagi lanjutnya, harga listrik PLTN tak bisa dianggap sebagai energi yang murah. Berkaca pada kasus meledaknya reaktor PLTN di Fukushima, Jepang, sehingga Jepang terpaksa menerapkan standar tinggi pada PLTN tersebut dan mempengaruhi harga listrik PLTN.

"Harganya lebih mahal AS$ 3 sen per kWh. Tak hanya itu, Negeri Sakura itu pun diklaim merugi ratusan miliar dolar AS. Kerugian Jepang akibat Fukushima mencapai US$ 600 miliar, lebih dari setengah APBN kita tahun lalu," ungkapnya.

Tetapi sebetulnya, sambung Renaldy, DEN tidak menutup peluang dibangunnya PLTN oleh pemerintah. Hanya saja, saat pemerintah mau menenderkan proyek itu, investor yang akan membangun harus siap untuk menanggung kerugiannya.

"Setiap investor yang membangun PLTN nanti harus menanggung semua kerugian yang ditimbulkan oleh kecelakaan di PLTN," pungkasnya.(fas/jpnn)

JAKARTA - Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Renaldy Dalimi menyatakan bahwa teknologi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) memang sudah aman.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close