Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yuhuu! Simak Manfaat Grapefruit Ini

Sabtu, 30 Juli 2016 – 06:34 WIB
Yuhuu! Simak Manfaat Grapefruit Ini - JPNN.COM
Grapefruit. Foto: wikipedia

jpnn.com - Apa itu grapefruit? Jika pertama kali mendengar nama ini mungkin Anda akan mengira ini adalah jenis buah anggur. Namun saat Anda melihat buah ini maka Anda akan menyebutnya jeruk bali.

Grapefruit adalah sebutan di luar negeri untuk nama buah yang biasa kenal dengan jeruk bali merah. Grapefruit sama halnya dengan varian jeruk lainnya yang juga sangat kaya nutrisi dan vitamin, terutama vitamin C.

Berikut adalah beberapa manfaat grapefruit untuk kesehatan, seperti dilansir laman Yahoo Health:

1. Mencegah stroke dan penyakit jantung

Menurut American Heart Association (AHA), antioksidan yang disebut flavonoid yang ditemukan dalam grapefruit bisa mengurangi risiko stroke. Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 69.000 wanita, para peneliti menemukan orang yang mengonsumsi jumlah tinggi flavanon (sejenis flavonoid) yang terkandung dalam grapefruit memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena stroke.

Sebuah studi 2015 juga menemukan bahwa orang yang makan dalam jumlah besar sayuran dan buah seperti jeruk adalah 15 persen lebih kecil kemungkinannya mengembangkan penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak.

Dan akhirnya, kalium dalam jeruk juga membantu mengendalikan tekanan darah, sehingga aman untuk kesehatan jantung.

2. Mencegah pembentukan batu ginjal

Asam sitrat dalam jeruk bisa menguntungkan orang-orang yang mendapatkan batu ginjal. Hal ini bisa melindungi pembentukan batu yang baru dan memecah batu-batu kecil saat mereka mulai terbentuk.

3. Pencegahan kanker

Grapefruit mengandung asam folat, yang berdasarkan penelitian menunjukkan manfaat pencegahan kanker yakni kanker pankreas, usus besar, dan bagian lain dari saluran pencernaan. Satu studi tertentu juga menemukan bahwa asupan folat tinggi terkait dengan insiden lebih rendah dari kanker payudara pascamenopause.

4. Kesehatan mata

Menurut American Optometric Association, grapefruit merupakan sumber makanan yang baik untuk vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan dan bisa melindungi terhadap perkembangan katarak.(fny/jpnn)

Apa itu grapefruit? Jika pertama kali mendengar nama ini mungkin Anda akan mengira ini adalah jenis buah anggur. Namun saat Anda melihat buah ini

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close