Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ternyata Ada Batu Cobek Raksasa, Nih Fotonya...

Sabtu, 30 Juli 2016 – 16:36 WIB
Ternyata Ada Batu Cobek Raksasa, Nih Fotonya... - JPNN.COM
MIRIP COBEK: Rohmadi, 25, mengamati sebuah batu yang menyerupai cobek berukuran raksasa. Rohmadi menemukan batu itu secara tidak sengaja saat menggali saluran septick tank, Kamis (28/5) lalu. Foto: Hanif Adi Prasetyo/Jawa Pos Radar Kedu

jpnn.com - MAGELANG - Rohmadi dan lima tukang yang sedang membuat saluran septic tank di  Dusun Trasan Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang pada Kamis lalu (28/7) terkaget-kaget. Cangkul dan linggis yang digunakan untuk membuat saluran septic tank membentur benda keras di kedalaman 2,7 meter.

Rohmadi dan rekan-rekannya pun berupaya menyingkirkan batu itu. Ternyata berat. Akhirnya, tanah di sekitar batu digali. Tujuannya agar batu itu bisa disingkirkan.

Ketika akan disingkirkan, benda aneh itu ternyata merupakan batu berbentuk menyerupai cobek. ”Sempat kaget, karena batu berbentuk cobek tersebut ukurannya jumbo,” katanya seperti dikutip Radar Kedu (Jawa Pos Gorup).

Rohmadi mengatakan, proses pengangkatan benda itu cukup sulit dan butuh waktu lama. Batu mirip cobek itu baru bisa terangkat ke permukaan setelah para tukang menggunakan alat derek.

”Butuh waktu lebih dari lima jam untuk mengangkat ke atas karena saking beratnya. Pembuatan saluran septic tank yang seharusnya selesai Kamis, terpaksa selesai hari ini (Jumat, red). Bus beton juga sudah bisa dipasang,” bebernya.

Batu cobek yang berhasil diangkat itu langsung menjadi tontonan warga setempat karena ukurannya tidak wajar. Ketika dilakukan pengukuran, batu titu berdiameter dalam 1,8 meter dan berdiameter luar 1,13 meter.

Berita penemuan batu itu langsung santer berhembus di masyarakat. Karenanya, pihak Muspika Srumbung dan  perangkat Desa Bringin bergantian meninjau lokasi.

Sejauh ini, Rohmadi mengaku belum melaporkan temuan kepada dinas terkait seperti Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala atau Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Ia malah berniat menyimpannya sebagai hiasan jika rumahnya sudah jadi.

MAGELANG - Rohmadi dan lima tukang yang sedang membuat saluran septic tank di  Dusun Trasan Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang pada Kamis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close