Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AU Tiba-tiba Mengerahkan Pesawat Tempur Ke Kupang

Selasa, 09 Agustus 2016 – 12:40 WIB
TNI AU Tiba-tiba Mengerahkan Pesawat Tempur Ke Kupang - JPNN.COM
Tampak helikopter milik TNI AU jenis Puma SA33 (lihat gambar) bersama pesawat tempur jenis F-16 dari Skadron 16 Pekanbaru dan pesawat Hercules A.1327 dan A.1318 dari Skadron 31 Halim Perdana Kusuma Jakarta sudah siap menggelar latihan dan static show di Pangkalan TNI AU (Lanud) El tari Kupang, Kamis (10/8) besok. FOTO: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com - KUPANG - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan beberapa pesawat tempur di Pangkalan TNI AU El Tari Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Di antaranya pesawat tempur jenis F-16 dari Skadron 16 Pekanbaru, helikopter jenis Puma SA33 dari Skadron 8 Atang Sanjaya Bogor, dan pesawat Hercules A.1327 dan A.1318 dari Skadron 31 Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Pesawat tempur tersebut didatangkan ke wilayah NTT dalam rangka kegiatan latihan Cakra dan Kilat di Kupang.

Komandan Lanud (Danlanud) El Tari, Kolonel (Pnb) Jorry Koloay kepada Timor Express (JPNN Group) di Kupang, Senin (8/8), mengatakan Lanud) El Tari di Kupang tak cuma menggelar latihan tempur dengan simulasi pengamanan wilayah Indonesia Timur bagian selatan. Namun dalam rangkaian kegiatan tersebut, pihak Lanud El Tari juga menggelar sebuah acara bertajuk "Statik Show’.

Kegiatan ini rencananya dilakukan Kamis (11/8) besok di wilayah tersebut yang berbatasan dengan Republik Demokratik Timor Leste.

Menurut Jorry, statik show ini bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat umum tentang alat utama sistem persenjataan (Alutsista) yang dimiliki TNI AU dalam menegakkan kedaulatan NKRI.

Dalam kegiatan tersebut, menurut Danlanud, akan diperkenalkan ke masyarakat pesawat tempur jenis F-16 dari Skadron 16 Pekanbaru, helikopter jenis Puma SA33 dari Skadron 8 Atang Sanjaya Bogor, dan pesawat Hercules A.1327 dan A.1318 dari Skadron 31 Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Orang nomor satu di Lanud El Tari itu menjelaskan, kegiatan tersebut bermaksud memberikan gambaran dan ilmu pengetahuan tentang alutsista yang dimiliki TNI AU, yang berkaitan dengan dirgantara. Kegiatan tersebut diharapkan para siswa dan masyarakat umum mengetahui dan memahami tentang dirgantara.

Bagi Danlanud, dirgantara merupakan ruang lingkup yang ada di sekeliling bumi tegak lurus ke atas luas tak terbatas. Ruang angkasa merupakan bagian integral dari dirgantara yang berada di luar mengelilingi ruang udara, dan juga ruang udara sendiri merupakan bagian dari dirgantara yang secara langsung mengandung gas udara.

KUPANG - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan beberapa pesawat tempur di Pangkalan TNI AU El Tari Kupang, Provinsi Nusa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close