Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesawat Tempur F16, Helikopter Puma dan Hercules Sudah Siap

Rabu, 10 Agustus 2016 – 09:30 WIB
Pesawat Tempur F16, Helikopter Puma dan Hercules Sudah Siap - JPNN.COM
Tampak helikopter milik TNI AU jenis Puma SA33 (lihat gambar) bersama pesawat tempur jenis F-16 dari Skadron 16 Pekanbaru dan pesawat Hercules A.1327 dan A.1318 dari Skadron 31 Halim Perdana Kusuma Jakarta sudah siap menggelar latihan dan static show di Pangkalan TNI AU (Lanud) El tari Kupang, Kamis (10/8) hari ini. FOTO: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com - KUPANG - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) hari ini, Kamis (10/8) menggelar latihan Cakra dan Kilat di Pangkalan Udara El Tari Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam latihan ini, sejumlah pesawat tempur sudah disiapkan. Yakni pesawat tempur jenis F-16 dari Skadron 16 Pekanbaru, helikopter jenis Puma SA33 dari Skadron 8 Atang Sanjaya Bogor, dan pesawat Hercules A.1327 dan A.1318 dari Skadron 31 Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Menurut Komandan Lanud (Danlanud) El Tari, Kolonel (Pnb) Jorry Koloay, kehadiran pesawat tempur di Lanud El Tari Kupang tak hanya menggelar latihan tempur dengan simulasi pengamanan wilayah Indonesia Timur bagian selatan, namun juga menggelar sebuah acara bertajuk "Statik Show’.

“Statik show ini bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat umum tentang alat utama sistem persenjataan (Alutsista) yang dimiliki TNI AU dalam menegakkan kedaulatan NKRI,” kata Danlanud El Tari Kupang seperti dilansir Timor Express (JPNN Group).

Melalui latihan tersebut, kata Jorry, sekaligus memperkenalkan ke masyarakat mengenai pesawat tempur jenis F-16 dari Skadron 16 Pekanbaru, helikopter jenis Puma SA33 dari Skadron 8 Atang Sanjaya Bogor, dan pesawat Hercules A.1327 dan A.1318 dari Skadron 31 Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Orang nomor satu di Lanud El Tari itu menjelaskan, kegiatan tersebut bermaksud memberikan gambaran dan ilmu pengetahuan tentang alutsista yang dimiliki TNI AU, yang berkaitan dengan dirgantara. Kegiatan tersebut diharapkan para siswa dan masyarakat umum mengetahui dan memahami tentang dirgantara.

Bagi Danlanud, dirgantara merupakan ruang lingkup yang ada di sekeliling bumi tegak lurus ke atas luas tak terbatas. Ruang angkasa merupakan bagian integral dari dirgantara yang berada di luar mengelilingi ruang udara, dan juga ruang udara sendiri merupakan bagian dari dirgantara yang secara langsung mengandung gas udara.

“Peristiwa yang berhubungan dengan dirgantara di antaranya pabrik pesawat, industri penerbangan, dan lembaga penerbangan senjata udara,” urai perwira TNI AU asal Manado, Sulawesi Utara ini.

KUPANG - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) hari ini, Kamis (10/8) menggelar latihan Cakra dan Kilat di Pangkalan Udara El Tari Kupang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close