Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ternyata Ini Penyebab Mulut Kering dan Bibir Pecah

Kamis, 11 Agustus 2016 – 15:05 WIB
Ternyata Ini Penyebab Mulut Kering dan Bibir Pecah - JPNN.COM
ILUSTRASI. FOTO: Laman Prevention

jpnn.com - Ludah (saliva) berfungsi untuk melembapkan mulut dan membantu proses pencernaan. Jika kekurangan ludah, mulut akan terasa kering dan bibir Anda menjadi pecah-pecah dan tampak juga robekan pada kulit di sudut mulut. Tentu tidak nyaman rasanya, apalagi kalau pekerjaan Anda mengharuskan untuk sering berbicara.

"Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit periodontal berkembang dalam lingkungan yang kering," kata dokter gigi, Matt Messina, DDS, seperti dilansir laman Prevention, Rabu (10/8).

Beberapa penelitian menunjukkan peradangan sistemik yang dihasilkan dari penyakit periodontal bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
Berikut ini beberapa penyebab mulut kering.

1. Obat-obatan

Messina mengatakan lebih dari 600 obat yang menyebabkan mulut kering. Itu termasuk kategori uberpopular seperti meds pencernaan, obat tekanan darah dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati gangguan kejiwaan.

2. Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, kelenjar ludah tidak bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Akibatnya, kita membuat lebih sedikit air liur.

3. Dehidrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close