Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dimodali Rp 30 T, Bulog Harus Serap Habis Panen Petani

Minggu, 14 Agustus 2016 – 01:04 WIB
Dimodali Rp 30 T, Bulog Harus Serap Habis Panen Petani - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: IST

jpnn.com - JAKARTA- Perum Bulog dimodali dana Rp 30 triliun untuk menyerap habis hasil panen dari petani. Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti yakin, tidak ada masalah.

Sejak awal dirinya siap menjalankan amanat dari pemerintah. "Itu mah masalah gampang, dana segitu,” kata Djarot, kemarin.

Mantan direktur BRI itu juga mengatakan, jika dana kurang, maka akan dicari lewat pinjaman.

"Hari ini (Bulog) belum ada dana segitu. Tapi kalau misalnya dibutuhkan Rp 30 triliun asal ini penugasan masalah kecil. Ndak perlu segitunya (menerbitkan obligasi)," ucapnya santai.

Djarot mengatakan, skema penyerapannya adalah nantinya Bulog akan serap sesuai dengan ketentuan. Mekanisme itu dilakukan dalam rangka membantu mengamankan petani, apabila harga ditingkat petani jatuh di bawah floor price maka bulog akan ambil.

Namun jika harga berada di atas harga petani artinya petani sudah untung. "Artinya kalau nanti ada shortage di lapangan, bulog tidak boleh menjual sehingga harga di atas ceiling price," tandas dia.

Dia juga mengatakan pemerintah telah menetapkan harga minimal,s elling price, dan Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Penyerapan dilakukan untuk membantu petani.

Dengan demikian pembelian dilakukan ketika harga jatuh di bawah floor price. ”Lalu, ketika harga sudah di atas floor price, petani kan sudah mendapatkan untung,” ujar Djarot.

JAKARTA- Perum Bulog dimodali dana Rp 30 triliun untuk menyerap habis hasil panen dari petani. Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti yakin,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close