Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Minggu Ketiga Agustus, Curah Hujan Sangat Tinggi

Minggu, 14 Agustus 2016 – 01:17 WIB
Minggu Ketiga Agustus, Curah Hujan Sangat Tinggi - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Rakyat Merdeka

jpnn.com - TARAKAN - Badan Meteorologi Geofisika (BMKG) Kabupaten Bulungan menyebutkan, pada Agustus ini, puncak musim hujan di Bulungan akan terjadi pada minggu ketiga.

Hal ini didasarkan dari pengamatan pola hujan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Jika pola hujan di Kabupaten Bulungan terutama di Tanjung Selor itu memang di Agustus minggu ketiga,” ungkap Raden Eko Sarjono Forester BMKG Bulungan saat ditemui Radar Kaltara di ruangannya, kemarin (12/8).

Pria yang akrab disapa Eko ini juga menjelaskan penyebab awal minggu Agustus sering terjadi hujan deras disertai angin kencang. Hal itu dikarenakan adanya sikon tropis, yaitu Tropical Storm Conson 994 HPA MAX 40KT yang sedang terjadi pada Samudera Pasifik sebelah Timur Laut Filipina.

Sikon ini, kata dia, muncul sejak dua hari yang lalu. Sehingga sikon tropis ini menarik masa udara yang berada di daerah Kaltara hingga Sulawesi dan terkena dampak dari sikon tropis tersebut.

Walaupun tidak langsung dilewati oleh tropical storm conson yang diperkirakan akan berlangsung enam hingga delapan hari. “Tropical Storm Conson ini adalah pusaran angin yang maha kuat, bisa dikatakan badai tropis,” sebutnya.

Dia menambahkan, Tropical Storm Conson ini akan terus meningkat selamat beberapa hari ke depan. “Dengan menyebabkan daerah sekitar Kalimantan Utara akan terkena angin yang sangat kencang,” ujarnya. (uni/keg/jos/jpnn)

TARAKAN - Badan Meteorologi Geofisika (BMKG) Kabupaten Bulungan menyebutkan, pada Agustus ini, puncak musim hujan di Bulungan akan terjadi pada minggu

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close