Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ajarkan Teknologi Penangkapan Ramah Lingkungan, Bikin Abon dan Ikan Asap

Minggu, 21 Agustus 2016 – 07:05 WIB
Ajarkan Teknologi Penangkapan Ramah Lingkungan, Bikin Abon dan Ikan Asap - JPNN.COM
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Universitas Nusa Cendana (Undana) memberikan pendampingan kepada kelompok nelayan di Kelurahan Namosain, Kota Kupang. FOTO: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com - Kelurahan Namosain merupakan salah satu daerah sasaran pemberdayaan yang dilakukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Universitas Nusa Cendana (Undana). Banyak ilmu yang dibagikan kepada puluhan nelayan setempat.

SEMY BALUKH, Kupang

Sabtu (30/7), bertempat di RT 13 Kelurahan Namosain, Kecamatan Alak, LPM Undana menggelar kegiatan pemberdayaan yang diikuti puluhan nelayan. Sebanyak dua kelompok nelayan yang diikutkan dalam kegiatan ini, yakni kelompok nelayan Galilea dan kelompok Tiberias. Puluan nelayan beserta istri mereka antusias mengikuti pelatihan.

Menariknya, pelatihan yang dilakukan meliputi teknik penangkapan ikan yang ramah lingkungan. Sebab, selama ini nelayan yang melaut secara tradisional belum mengetahui cara-cara seperti ini. Bahkan cenderung menggunakan bahan peledak, dan juga alat tangkap yang dilarang.

Nah, luar biasanya, ibu-ibu juga tampak bersemangat mengikuti pelatihan pembuatan abon ikan dan ikan asap. Ikan yang dipakai sebagai bahan dasar adalah jenis cakalang yang masih segar.

Setelah diolah, hasil produksi mereka pun langsung dikemas dengan kemasan yang menarik dan siap dipasarkan.

Dari LPM Undana, hadir Sekretaris LPM Undana, Ishak A. Tungga dan anggota LPM, Dr. Chaterina A. Paulusi. Sedangkan dari kelompok nelayan, turut hadir ketua kelompok nelayan Galilea, George Paulus dan ketua kelompok nelayan Tiberias, Fredik Minggus. Hadir pula Ketua RT 13, Efraim Hotan. Pelatihan ini juga dibantu para mahasiswa dari beberapa fakultas.

Menurut Ishak Tungga, kegiatan ini merupakan wujud pengabdian masyarakat. Dalam program ini, dosen yang mempunyai ilmu dan teknologi dapat mengabdikan kepada masyarakat.

Kelurahan Namosain merupakan salah satu daerah sasaran pemberdayaan yang dilakukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Universitas Nusa Cendana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close