Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kompleks Olahraga Bertaraf Internasional di Mimika Segera Diresmikan

Selasa, 23 Agustus 2016 – 05:31 WIB
Kompleks Olahraga Bertaraf Internasional di Mimika Segera Diresmikan - JPNN.COM
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Mimika, Moh Thoha. Foto: Radar Timika

jpnn.com - TIMIKA - Tak lama lagi, Kabupaten Mimika, Papua akan memiliki kompleks olahraga bertaraf internasional, yaitu Mimika Sport Complex (MSC) yang dipersembahkan oleh PT Freeport Indonesia (PTFI). 

Pembangunan MSC di Jalan Caritas, Kampung Timika Jaya (SP 2), saat ini masih dalam tahap finishing. Kompleks olahraga ini rencananya akan digunakan pada perhelatan PON 2020 mendatang. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Mimika, Moh Thoha, mengatakan peresmian MSC yang akan diserahkan oleh PTFI kepada Pemkab Mimika ini sempat beberapa kali diundur, lantaran adanya beberapa perubahan pada bagian gedung.  

Desain salah satu bagian gedung MSC awalnya direncanakan bernuansa lokal berbentuk honai. Akan tetapi, penyesuaian bentuk atap tidak mendukung terhadap cuaca hujan apalagi jika disertai angin. “Ada bagian luar gedung masih dituntaskan. Misalnya ada atap dibongkar karena dibikin nuansa lokal, tetapi air masuk kalau hujan disertai angin,” kata Toha kepada Radar Timika.

Pembangunan MSC merupakan bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility) PT Freeport. Kompleks olahraga yang memiliki dua bagian gedung yaitu stadion tertutup dan stadion terbuka.

Pembangunan gedung stadion tertutup untuk arena cabang olahraga seperti bulu tangkis, basket, dan atletik, didesain untuk menampung 4000 penonton, 75 penonton VIP, dan dilengkapi dengan pusat pertokoan di dalamnya. 

Selain itu, terdapat gedung terbuka berkapasitas 950 penonton yang dilengkapi dengan jalur lari jarak pendek dan menengah berstandar internasional. Di dalam kompleks tersebut terdapat dua asrama atlet, masing-masing mampu menampung 100 orang. “Pemda hanya menunggu saja proses finishing. Ini kan dibiayai murni seluruhnya dari PT Freeport,” kata Toha. 

Toha mengatakan pembangunan kompleks olahraga senilai Rp 250 miliar ini ditargetkan rampung dalam akhir Agustus 2016. MSC merupakan sarana olahraga salah satunya lintasan atletik bertaraf internasional kedua, setelah Gelora Bung Karno di Jakarta. 

TIMIKA - Tak lama lagi, Kabupaten Mimika, Papua akan memiliki kompleks olahraga bertaraf internasional, yaitu Mimika Sport Complex (MSC) yang dipersembahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close