Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Punya Penghasilan Sendiri, Banyak PNS Wanita Pilih Bercerai

Jumat, 26 Agustus 2016 – 14:59 WIB
Punya Penghasilan Sendiri, Banyak PNS Wanita Pilih Bercerai - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - BANJARBARU – Kehidupan para PNS wanita di Banjarbaru sungguh miris. Meski memiliki hidup yang berkecukupan, banyak PNS wanita yang mengalami kehancuran rumah tangga.

Data dari Pengadilan Agama Banjarbaru menunjukkan, ratusan PNS bercerai karena berbagai masalah setiap tahunnya. Pada 2015 lalu, sebanyak 126 perkara melibatkan PNS.

Dari jumlah itu, sebagian besar yang melayangkan gugatan ialah ASN wanita. "Hampir 70 persen cerai gugat (diajukan istri), sementara sisanya cerai talak (diajukan suami)," kata Panitera PA Banjarbaru Murthada.

Dia menambahkan, ratusan PNS juga melayangkan gugatan cerai pada 2014. Sedangkan hingga pertengahan 2016 jumlah PNS yang bercerai mencapai 33.

"Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini yang paling banyak menggugat juga si istri," ungkapnya.

Murthada menyatakan, sebagian besar ASN yang bercerai ialah guru dan petugas kesehatan. "Yang banyak guru dan bidan. Kalau guru mungkin karena mereka banyak punya tunjangan jadi lebih berani menceraikan suami," katanya.

Namun, tak semua PNS yang mengajukan gugatan perceraian bekerja di Banjarbaru. Menuru Murthada, banyak PNS yang juga berasal dari luar Banjarbaru.

"Banyak ASN dari daerah lain tinggal di Banjarbaru, jadi jumlah perceraian ASN di Banjarbaru relatif tinggi lantaran perceraian harus dilakukan di PA tempat mereka tinggal," katanya.

BANJARBARU – Kehidupan para PNS wanita di Banjarbaru sungguh miris. Meski memiliki hidup yang berkecukupan, banyak PNS wanita yang mengalami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close