Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Maling Nekat, Sebelum Nyuri Pamitan pada Korban Dulu

Jumat, 26 Agustus 2016 – 15:30 WIB
Maling Nekat, Sebelum Nyuri Pamitan pada Korban Dulu - JPNN.COM
Curanmor. Foto: dok.JPNN

SURABAYA—Biasanya pelaku kejahatan selalu melakukan apa saja agar tindakannya tidak diketahui korban. Apalagi jika kejahatan yang dilakukan adalah mencuri. Tapi, bagi Gondes, tepergok pun tidak menjadi masalah. Malah dia sempat berpamitan kepada pemilik sembari membawa motornya kabur. Beruntung, pemilik juga membalas sapaan itu dengan ramah.

Pengalaman tersebut terjadi ketika remaja 19 tahun itu beraksi di kawasan Rungkut setahun silam. Ketika keliling mencari sasaran, dia melihat rumah yang banyak motor diparkir di sisi teras.

 "Setahu saya, itu kos-kosan. Motornya banyak," katanya.

Gondes melihatnya sebagai sasaran empuk. Sebab, pintu gerbangnya sedikit terbuka, dipastikan tidak terkunci. Situasinya pun mendukung, cukup sepi, meski tengah hari. Berlagak sebagai penghuni rumah, dia masuk ke teras dengan santai. Dia mendekati sebuah motor matik yang setangnya terkunci.

Dengan keahliannya, Gondes bisa membobol kunci hingga lampu di spidometer menyala. Masih dengan nyantai, dia menuntun motor menghadap pintu gerbang dan duduk di jok, siap-siap keluar. Mesin motor langsung hidup ketika tombol starter ditekan.

Baru saja mesin motor hidup, seorang ibu keluar dari dalam rumah. Gondes tidak tahu siapa perempuan tersebut. Tapi, dia khawatir perempuan itu segera tahu bahwa dirinya sedang mencuri motor. Remaja yang pernah mengikuti latihan di kamp bandit tersebut langsung menyapanya ramah.

"Monggo, Bu," ucapnya sembari sedikit membungkukkan badan.

Sapaan tersebut dijawab si perempuan dengan sangat sopan. Ramah. "Monggo, Nak," jawabnya.

 Sontak, Gondes langsung menjalankan motor keluar pagar dan ngacir. Saat kabur itulah, dia baru tahu bahwa perempuan tersebut adalah pemilik motor yang dibawanya. Sebab, beberapa saat setelah menjawab sapaan Gondes, dia langsung berteriak.

 "Hei iku sepedaku. Maliiing... maliiing!" ucap Gondes menirukan teriakan perempuan yang baru sadar motornya dicuri. Jangan sampai Anda juga teperdaya seperti perempuan itu karena melihat maling yang ramah. (Tim Jawa Pos/c6/dos/flo/jpnn)

 

SURABAYA—Biasanya pelaku kejahatan selalu melakukan apa saja agar tindakannya tidak diketahui korban. Apalagi jika kejahatan yang dilakukan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close