Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penerima Suap Perkara Saipul Jamil Jadi Tersangka Kasus Gratifikasi

Jumat, 26 Agustus 2016 – 20:20 WIB
Penerima Suap Perkara Saipul Jamil Jadi Tersangka Kasus Gratifikasi - JPNN.COM
Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi yang menjadi tersangka suap setelah ditangkap KPK. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Jerat hukum untuk Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi yang kini menjadi tersangka suap bertambah lagi. Pasalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Rohadi sebagai tersangka penerima gratifikasi.

Rohadi menjadi tersangka gratifikasi berdasarkan hasil pengembangan penyidikan KPK atas kasus dugaan suap terkait penanganan perkara artis Saipul Jamil di PN Jakut. "Penyidik telah menetapkan R, panitera pengganti PN Jakarta Utara sebagai tersangka dugaan gratifikasi," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha dalam keterangan pers di kantornya, Jumat (26/8).

Rohadi diduga telah menerima hadiah atau janji yang berkaitan dengan jabatannya sebagai panitera. Bukan hanya saat Rohadi menjadi panitera di PN Jakut, tapi juga saat bertugas di PN Bekasi, Jawa Barat.

"Padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan untuk menggerakkan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya," tutur dia.

Priharsa menjelaskan, pemberian gratifikasi diduga terkait pengurusan sejumlah perkara di Mahkamah Agung. "Tersangka R disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 atau Pasal 12 huruf B jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana," ujar Priharsa.

Sebelumnya, KPK menetapkan Rohadi sebagai tersangka terkait dugaan suap penanganan perkara di PN Jakut. Rohadi ditangkap usai menerima uang suap Rp 250 juta dari dua pengacara Saipul Jamil, yakni Kasman Sangaji dan Berthanatalia.

Suap itu diduga agar majelis hakim PN Jakut memberikan vonis bebas atas perkara pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan Saipul Jamil. Kasman, Bertha dan kakak Saipul yang bernama Samsul Hidayat juga menjadi tersangka pemberi suap.(put/jpg)

JAKARTA - Jerat hukum untuk Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi yang kini menjadi tersangka suap bertambah lagi. Pasalnya, Komisi Pemberantasan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close