Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bu Ani Temukan Pembekakan Tunjangan Profesi Guru, Ada yang Meradang

Sabtu, 27 Agustus 2016 – 06:12 WIB
Bu Ani Temukan Pembekakan Tunjangan Profesi Guru, Ada yang Meradang - JPNN.COM
Menkeu Sri Mulyani. Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Keuangan menemukan pembekakan dana tunjangan profesionalisme guru (TPG).

Di hadapan Komisi XI DPR RI, Menteri Keuangan Sri Mulyani akan menahan Rp 23,3 triliun dana tunjangan profesionalisme guru atau mencapai 33,4 persen dari total tunjangan profesionalisme guru yang mencapai Rp 69,7 triliun dalam APBN-P 2016.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim menegaskan, menahan TPG akan berdampak luar biasa terhadap kondisi pendidikan Indonesia. 

Semangat guru untuk mendidik, menurut Ramli, akan turun. Dan itu akan berimplikasi pada Indonesia 20 hingga 30 tahun yang akan datang.

Selain itu, lanjut Ramli, guru akan meninggalkan waktu pembelajaran karena harus memperjuangkan hak mereka. ”Guru akan sibuk menghadapi debt collector dan sibuk mencari pendapatan tambahan untuk menutupi kebutuhannya,” ujar Muhamad Ramli Rahim, Jumat (26/8).

Tidak hanya masalah itu, dikatakan Ramli, pendidikan dan pelatihan (Diklat) UKG yang sudah dipersiapkan pemerintah akan kacau balau. Pasalnya, guru akan berpikir untuk apa mengikuti Diklat UKG, jika pemerintah mencabut tunjangan mereka. 

”Jika pembelajaran tidak berjalan maksimal, tawuran akan semakin banyak, karena siswa tak lagi terlayani dengan baik,” katanya.

Dikatakan Ramli, kualitas Input guru akan kembali kacau. Dan profesi guru tidak akan diminati lagi. Menurut Ramli, Menkeu agar berpikir ulang untuk menahan TPG. Kalau itu dilakukan terkait kesulitan uang negara, ditegaskan Ramli itu bukan menjadi solusi.

JAKARTA – Kementerian Keuangan menemukan pembekakan dana tunjangan profesionalisme guru (TPG). Di hadapan Komisi XI DPR RI, Menteri Keuangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close