Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wali Kota Chicago Setuju 7 Polisi Penembak Laquan Dipecat

Minggu, 28 Agustus 2016 – 03:03 WIB
Wali Kota Chicago Setuju 7 Polisi Penembak Laquan Dipecat - JPNN.COM
Rahm Emanuel. Foto: Sun Times

jpnn.com - CHICAGO - Walikota Chicago, Rahm Emanuel mengatakan ia mendukung keputusan pengawas kepolisian Eddie Johnson untuk memecat ketujuh petugas kepolisian karena diduga berbohong tentang penembakan fatal tahun 2014 kepada Laquan McDonald.

Emanuel menyatakan komentar pertamanya ini sejak Johnson mengumumkan hal ini pekan lulu bahwa ia akan memecat petugas setelah laporan tentang penembakan tersebut tidak sesuai dengan gambar yang diambil pada video. Polisi Jason Van Dyke menembak remaja berkulit hitam, McDonald.

"Saya mengatakan dengan jelas bahwa ini merupakan masalah bagi Departemen Kepolisian dan saya yakin dalam proses pengawanannya," katanya ketika ditanya apakah proses hukum tujuh perwira telah dilanggar.

Apakah pemecatan harus disertakan lebih banyak polisi, termasuk supervisor yang awalnya memerintah Van Dyke mengikuti prosedur yang tepat dalam menembak McDonald 16 kali, Emanuel mengatakan: "Saya tidak yakin untuk berkomentar terkait penyelidikan, menurut saya inspektur telah mengambil tindakan yang tepat dan itulah mengapa saya mendukung mereka."

Emanuel juga ditanya tentang mantan pengawas kepolisian Garry McCarthy yang baru-baru ini mengatakan bahwa pemecatan pada para polisi ini dapat membahayakan penyelidikan kriminal yang sedang berlangsung terhadap Van Dyke, yang telah dituduh melakukan pembunuhan dalam kematian McDonald.

Emanuel memecat McCarthy akhir tahun lalu. Ia mengatakan inspektur telah menjadi perhatian di tengah protes yang meluas setelah rilis dashcam video yang menunjukkan Van Dyke menembak McDonald 16 kali saat remaja berusia 17 tahun itu berjalan dengan membawa pisau.

"Sebenarnya, saya tidak akan menanggapi pertanyaan itu," kata Emanuel. "Saya pikir inspektur mengambil tindakan yang tepat, memberinya kebebasan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mampu memulihkan kepercayaan di Departemen Kepolisian dan juga memulihkan kepercayaan di masyarakat,” ujarnya menambahkan.

Isi dashcam video tersebut bertentangan dengan pernyataan yang diberikan oleh petugas tentang ancaman yang ditimbulkan oleh McDonald, yang membawa pilau 3-inch, memiliki PCP dalam sistem dan diduga membobol kendaraan.

CHICAGO - Walikota Chicago, Rahm Emanuel mengatakan ia mendukung keputusan pengawas kepolisian Eddie Johnson untuk memecat ketujuh petugas kepolisian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close