Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Tantangan Utama Penyelenggara Pemilu 2019

Kamis, 08 September 2016 – 20:46 WIB
Ini Tantangan Utama Penyelenggara Pemilu 2019 - JPNN.COM
Mayjen Soedarmo saat diwawancarai wartawan. Foto: ist for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota tim seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Soedarmo mengatakan, penyelenggara pemilu ke depan memiliki tantangan yang besar. 

Tantangan dimaksud terutama dalam menyosialisasikan ke masyarakat, mengingat pemilu legislatif dan pemilihan presiden bakal digelar secara serentak. 

"Jadi sosialisasi sangat penting, agar masyarakat lebih paham. Kalau pilkada sekarang kan hanya milih satu (kepala daerah,red). Tapi nanti kan ada lima kalau pemilu serentak dilaksanakan. Yaitu pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD Tingkat I dan DPRD Tingkat II, serta pemilihan presiden," ujar Soedarmo di Gedung Kemendagri, Kamis (8/9). 

Selain pemilihan serentak, penyelenggara pemilu kata Soedarmo juga kemungkinan perlu menyosialisasikan model pemilihan yang baru, kalau nantinya disepakati voting dilakukan secara elektronik. 

Sementara itu saat ditanya terkait persyaratan calon anggota KPU dan Bawaslu, Soedarmo mengatakan tim seleksi masih akan mendiskusikan lebih lanjut. 

Misalnya terkait pengalaman dan kemampuan, tim akan merumuskan kriteria-kriterianya terlebih dahulu.

"Tapi intinya seleksi akan dilakukan secara terbuka dan melibatkan partisipasi masyarakat. Kemudian juga keterlibatan lembaga yang memiliki kompetensi pada bidang yang diperlukan atau dibutuhkan dalam mendukung tim seleksi," ujar mantan pejabat di Badan Intelijen Negara (BIN) berpangkat mayjen itu.

Selain itu, kata Soedarmo, tim nantinya juga tetap akan mengacu pada ketentuan perundang-undangan, terkait persyaratan administrasi calon. 

JAKARTA - Anggota tim seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Soedarmo mengatakan, penyelenggara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close