Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Honorer Bikin Sendiri SK PNS, Berhasil dapat Kredit Bank Rp 110 Juta

Jumat, 09 September 2016 – 19:07 WIB
Honorer Bikin Sendiri SK PNS, Berhasil dapat Kredit Bank Rp 110 Juta - JPNN.COM
Uang. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - CIREBON - TR (31), pegawai honorer di salah satu UPTD Dinas Pendidikan di Kota Cirebon, berhasil meraup uang Rp 60 juta dari sebuah bank dengan cara haram.

Dengan modal printer dan photocopy, warga Pekalipan yang tamatan SMP ini membuat SK pengangkatan dirinya sebagai PNS. Tapi SK palsu, bikinan sendiri. SK bodong itu ia gadaikan di Bank.

Untuk mengelabui pihak Bank, TR memalsukan seluruh berkas persyaratan yang diminta oleh pihak Bank dari mulai KTP,KK dan Bukuh Nikah. 

Kapolsek Lemahwungkuk Ipda Momon Sukarman SH kepada Radar Cirebon (Jawa Pos Group), menjelaskan, modus yang digunakan pelaku berhasil diungkap pihak bank setelah yang bersangkutan tidak lancar dalam pembayaran angsuran kreditnya. 

“Saat itu sudah lebih dari tiga bulan tidak membayar kewajibannya. Akhirnya oleh pihak bank dicek dan ditemukan fakta jika SK PNS yang digunakan pelaku untuk meminjam di Bank ternyata palsu,” ujarnya.

Pihak Bank kemudian melaporkan hal tersebut ke Polsek Lemahwungkuk dan setelah di lakukan penyelidikan dan penyidikan rupanya tidak hanya SK yang dipalsukan oleh tersangka, tapi juga  persyaratan kredit lainnya seperti KTP, KK,  dan Bukuh Nikah. 

“Status di identiasnya diganti semua menjadi PNS, itu agar pihak bank memuluskan  pengajuan kreditnya,” imbuhnya.

Diterangkan Momon, sebenarnya yang bersangkutan tidak hanya sekali meminjam kredit di bank tersebut. 

CIREBON - TR (31), pegawai honorer di salah satu UPTD Dinas Pendidikan di Kota Cirebon, berhasil meraup uang Rp 60 juta dari sebuah bank dengan cara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close