Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mas Agus Bukan Ayam Sayur, Ingat..Ada SBY!

Minggu, 25 September 2016 – 11:35 WIB
Mas Agus Bukan Ayam Sayur, Ingat..Ada SBY! - JPNN.COM
Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, saat pendaftaran Pilkada DKI Jakarat 2017 di kantor KPUD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai pasangan calon gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono-Sylviana Murni punya kans dan membuat dua pesaingnya, Basuki T Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan bertekuk lutut.

Hal itu dikatakan Pangi merujuk beberapa alasan. Salah satunya keberadaan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di belakang pasangan yang diusung empat partai, termasuk PAN, PKB dan PPP.

"Kalau ditelaah dan cermati secara mendalam, Agus bukan calon Ayam Sayur. Baik Ahok maupun Anies bukan berhadapan dengan sosok Agus, namun langsung dengan SBY," kata Pangi di Jakarta, Minggu (25/9).

SBY, lanjutnya, langsung turun gunung dan mendampingi Agus. Perlu diingat, mantan presiden dua periode itu menurutnya seorang ahli strategi sekaligus guru politik Agus di lapangan.

Alasan kedua, Agus lulusan Akmil terbaik dengan intilegensi yang menonjol. Anak sulung SBY itu bisa menjadi idola baru pemilih kritis dan role model pemimpin ke-kinian. "Agus juga akan mendapat simpati dari kalangan TNI dan pensiunan," tukas Pangi.

Sementara sosok Syliviana, jam terbangnya di birokrasi tak perlu diragukan. Ia merupakan birokrat Betawi yang paling mengakar (grassroot) saat ini. Pangi memprediksi, bukan tidak mungkin Foke (sapaan Fauzi Bowo) connection kembali mengeliat.

"Electoral voternya hampir dipastikan bisa mengambil basis birokrasi dan pemilih pemula. Sylvia representasi PNS yang tidak puas di rezim Jokowi- Ahok atau Ahok-Djarot, sehingga akan mencari sosok antitesis dan itu salurannya ada di pasangan Agus-Sylviana," paparnya.

Alasan ketiga, partai pengusung Agus-Sylviana, seperti PAN dan PKB, membuat pasangan itu mendapat limpahan elektoral dari ormas terbesar di Indonesia seperti Muhammadiyah dan NU. Keempat, basis pemilih pasangan ini masuk via segmen pemilih pemula, mewakili suara ibu-ibu dan anak anak muda.

JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai pasangan calon gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono-Sylviana Murni punya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close