Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dispotmar Bentuk Generasi Muda Berkarakter

Jumat, 30 September 2016 – 02:55 WIB
Dispotmar Bentuk Generasi Muda Berkarakter - JPNN.COM
Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta melaksanakan program kerja untuk menyelenggarakan Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil). Program ini diikuti ratusan siswa/siswi di seluruh SMK/SMA di wilayah Jakarta Utara. FOTO: Dispen Lantamal III

jpnn.com - JAKARTA - Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta mempunyai program kerja untuk menyelenggarakan Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil). Sasaran program ini adalah para siswa/siswi di seluruh SMK/SMA yang ada di wilayah Jakarta Utara.

Menurut Kadispotmar Lantamal III Letkol Laut (P) Agus Djatmiko, program kerja tersebut diselenggarakan untuk membentuk  generasi muda agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan guna mendukung pembinaan ketahanan wilayah pertahanan laut.

Menurutnya, giliran pertama peserta program ini adalah SMKN 36 Jakarta Utara. Sebanyak 302 pelajar kelas XII mengikuti program ini dengan menurunkan 9 orang instruktur. Kegiatan tersebut berlangsung di SMKN 36 Jalan Kosambi III RT 1/RW 13 Kali Baru Cilincing Jakarta Utara, Rabu (28/9).

“Akibat adanya ancaman proxy war, kegiatan Bintahwil kepada peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kesadaran serta membentuk generasi muda yang tangguh, disiplin dan berwawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila,” kata Letkol Laut (P) Agus Djatmiko.

Materi yang diberikan dalam paparan di kelas antara lain sejarah kebesaran dan kekuasaan kerajaaan di Indonesia seperti Majapahit dan Sriwijaya. Selain itu, perjalanan dan perjuangan bangsa Indonesia dari tahun 1908 hingga saat ini.

Materi lainnya tentang kekayaan sumber daya alam bangsa Indonesia di bidang maritim ditinjau dari geopolitik serta bentuk ancaman proxy war yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini dan cara menghadapinya.

Sedangkan materi di lapangan berupa penyegaran PBB (peraturan baris berbaris) untuk memberikan gambaran serta pemahaman tentang pentingnya arti disiplin, kebersamaan dan kekompakan bagi peserta didik.(fri/jpnn)

JAKARTA - Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta mempunyai program kerja untuk menyelenggarakan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close