Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Duarrr... Kapal Patroli Bea Cukai Meledak saat Patroli

Jumat, 30 September 2016 – 03:03 WIB
Duarrr... Kapal Patroli Bea Cukai Meledak saat Patroli - JPNN.COM
Kondisi kapal patroli Bea Cukai yang meledak di perairan Tanjung Sengkuang, Batam, Kepri, Rabu (28/9). Foto: batampos/jpg

jpnn.com - BATUAMPAR - Kapal patroli Bea Cukai dengan nomor Lambung BC 15025 meledak di perairan Tanjung Sekuang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (28/9) sekitar pukul 20.30 WIB. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun 4 petugas BC terpental dan mengalami luka-luka akibat ledakan tersebut.

Empat petugas BC yang terluka itu yakni, Muhammad Israni sebagai Komandan Patroli dan Nahkoda, Ahmad Muamal Nasution sebagai asisten kapten kapal, Imron Wahyudi sebagai kepala kamar mesin, serta Andrie Sudirman sebagai Pramubakti.

Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe Batam, Nugroho Wahyu Widodo mengatakan kejadian itu bermula saat anggotanya bertolak dari pangkalan Sekupang untuk melaksanakan patroli laut sekitar pukul 18.30 WIB. Diperjalanan petugas melihat percikan api dari tangki BBM kapal.

"Saat melihat percikan api, tangki minyak meledak dan petugas langsung melompat untuk menyelamatkan diri," ujar Nugroho, seperti diberitakan batampos (Jawa Pos Group) hari ini (30/9).

Nugroho mengaku belum bisa menyimpulkan dari mana sumber api tersebut. Namun, ia memastikan tidak ada kerusakan pada mesin kapal maupun percikan api rokok.

"Penyebab pastinya kita tunggu hasil pemeriksaan dari pihak kepolisian dan Puslabfor. Ini musibah, dan dipastikan bukan human error, apalagi api rokok," tegasnya. 

Menurutnya, kapal patroli itu sudah beroperasi selama 6 tahun dan tak pernah mengalami kerusakan. Kapal tersebut diproduksi pada tahun 2010, berbahan fiber dengan kecepatan 200 PK.

"Kapalnya tidak pernah rusak dan mesinnya baik," tegasnya lagi.

BATUAMPAR - Kapal patroli Bea Cukai dengan nomor Lambung BC 15025 meledak di perairan Tanjung Sekuang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (28/9) sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close