Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Catat! Ini Tiga Tahapan Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu

Jumat, 30 September 2016 – 17:17 WIB
Catat! Ini Tiga Tahapan Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu - JPNN.COM
Anggota Timsel calon anggota KPU-Bawaslu Betti Alisjahbana (kiri) dan Sekretaris Timsel Soedarmo. Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Proses seleksi calon anggota KPU-Bawaslu akan dibagi menjadi tiga tahapan. Masing-masing, tahap pendaftaran. Kemudian tahap pengujian tertulis dan tes pemeriksaan kesehatan hingga psikologi. 

Serta tahap pemeriksaan kesehatan lanjutan, test dinamika kelompok dan tes wawancara. 

Menurut Anggota Tim Seleksi, Betti Alisjahbana, tahap pendaftaran, dibuka sejak 25 September hingga 3 November mendatang. 

"Kami sangat mengharapkan selama periode pendaftaran ini, informasi tersebar luas dan mendapatkan calon terbaik. Tantangan anggota KPU dan Bawaslu jauh lebih besar dengan adanya pilkada serentak. Sehingga butuh kandidat baik," ujar Betti di Kemendagri, Jumat (30/9).

Terhadap berkas pendaftaran, timsel kata Betti, nantinya melakukan penelitian administrasi pada 15 November hingga 22 November. Kemudian mengumumkan hasil penelitian administrasi pada 25 November mendatang.

Setelah itu, tahap kedua dimulai. Terhadap para calon yang memenuhi syarat administrasi, selanjutnya akan mengikuti tes tertulis pada 6 Desember. Kemudian tes kesehatan pada 7-10 Desember dan tes psikologi pada 7-10 Desember. 

"Ini pararel untuk mengantisipasi peserta yang datang dari luar Jakarta. Supaya biaya tidak terlalu tinggi. Bagian penting, nama yang lolos seleksi administrasi, kami minta masukan masyarakat. Ini untuk integritas dan independensi. Bisa lewat email setimsel2016@gmail.com (mulai 25 November–16 Desember). Atau lewat surat ke alamat sekretariat. Pengumuman tahap 2 itu 16 Desesember," ujar Betti.

Tahap ketiga kata Betti, dimulai 16 Januari mendatang. Meliputi pemeriksaan kesehatan lanjutan. Kemudian uji dinamika kelompok. Langkah ini penting, karena nantinya baik anggota KPU maupun Bawaslu, akan bekerja secara berkelompok. Setelah itu para calon menjalani test wawancara pada 20-21 Januari untuk calon anggota Bawaslu dan 23-25 Januari untuk calon anggota KPU. 

JAKARTA - Proses seleksi calon anggota KPU-Bawaslu akan dibagi menjadi tiga tahapan. Masing-masing, tahap pendaftaran. Kemudian tahap pengujian tertulis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close