Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendagri Ogah Bahas Pembentukan DOB Tahun Ini

Selasa, 04 Oktober 2016 – 20:24 WIB
Mendagri Ogah Bahas Pembentukan DOB Tahun Ini - JPNN.COM
Mendagri Tjahjo Kumolo di Gedung Nusantara V, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10). Foto: Fathra N Islam/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa pemerintah tidak akan melakukan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Persiapan sepanjang 2016.

Hal ini disampaikan Tjahjo, setelah menerima usulan pembentukan 172 DOB Persiapan berdasarkan kajian Komite I DPD RI, dalam acara Konsolidasi Nasional Pembentukan DOB di Gedung Nusantara V, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10). 

Acara itu dihadiri empat gubernur dan 163 bupati  yang daerahnya akan dimekarkan sesuai kajian DPD RI. 

Dikatakan Tjahjo, pemekaran daerah akan dilakukan melalui seleksi yang ketat, bertahap dan mempertimbangkan secara seksama berbagai aspek. 

Baik menyangkut regulasi, kondisi sosial politik, fiskal dan perekonomian nasional.

Pemerintah juga menunda penyelesaian dua Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai turunan dari UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda), yakni RPP tentang Penataan Daerah dan RPP Desain Besar Penataan Daerah (Desartada) 2025. 

Walaupun secara prinsip, keduanya telah diharmonisasi di internal pemerintah.

"Penyelesaian kedua RPP dan pembentukan daerah otonomi baru, prisip pemerintah, kami tunda, tidak tahun ini," kata Tjahjo dalam pidatonya di forum resmi DPD RI itu. 

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa pemerintah tidak akan melakukan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Persiapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close