Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peras Tersangka Narkoba, Empat Polisi Polsek Gambir Bakal Dipecat

Rabu, 19 Oktober 2016 – 16:36 WIB
Peras Tersangka Narkoba, Empat Polisi Polsek Gambir Bakal Dipecat - JPNN.COM
Juru Bicara Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Polda Metro Jaya sedang melakukan bersih-bersih internal. Kini, kepolisian daerah yang dipimpin Irjen M Iriawan itu sedang menangani dugaan pemerasan oleh personel Polsek Gambir.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengungkapkan, ada empat anggota Polsek Gambir yang diduga memeras tersangka narkoba berinisial A. Keempat oknum polisi itu meminta uang Rp 300 juta.

Menurut Awi, merujuk pada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 14 Tahun 2011 tentang Koder Etik Profesi Kepolisian maka keempat oknum Polsek Gambir itu terancam sanksi pemecatan. "Berdasarkan Pasal 22 ayat (1) Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Kepolisian, maka keempat oknum tersebut terancam mendapatkan sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH)," kata Awi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/10).

Selain terancam dipecat, keempat oknum anggota Polsek Metro Gambir itu juga bakal dijerat dengan Pasal 368 KUHP tentang Pemerasan. Ancaman hukuman maksimalnya adalah sembilan tahun penjara.

Namun demikian, sanksi itu harus melewati sidang di Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Metro Jaya. Dia meminta agar semua pihak bersabar menunggu prosesnya.

"Bahwasanya seorang anggota Polri yang melakukan tindak pidana dengan ancaman empat tahun atau lebih, bisa dikenakan sanksi TPDH. Tapi dengan catatan telah diputus pengadilan dengan kekuatan hukum tetap," terang Awi.(mg4/jpnn)

JAKARTA - Polda Metro Jaya sedang melakukan bersih-bersih internal. Kini, kepolisian daerah yang dipimpin Irjen M Iriawan itu sedang menangani dugaan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close