Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Dia Pemenang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara

Rabu, 26 Oktober 2016 – 11:33 WIB
Ini Dia Pemenang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara - JPNN.COM
Foto: Kemenpar for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyerahkan hadiah total Rp 1 miliar kepada 10 pemenang Sayembara Arsitektur Nusantara untuk homestay. Penyerahan hadiah dilakukan di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar di Jalan Merdeka Barat, Selasa (25/10).

"Selamat atas para pemenang semua," ucap Menpar Arief Yahya menutup malam penganugerahan sayembara desain rumah wisata (homestay) Indonesia.

Sedangkan Triawan mengatakan, bagi wisatawan itu yang paling penting adalah pengalaman yang dicatat sejak turun di airport, sampai ke tempat tinggal mereka di penginapan. Triawan lantas menceritakan pengalamannya.

"Saya punya pengalaman yang tidak terlupakan sampai saat ini, saat tinggal Bed and Breakfast di Inggris. Yang menyiapkan makanan ya bapak ibu pemilik rumah yang sudah tua tua itu. Sangat mengesankan sampai sekarang," kata Triawan Munaf.

Tentu, desain homestay ini nanti tidak akan menjadi real estate. Sebab, kearifan lokal justru menjadi atraksi dan daya tarik bagi wisatawan. "Saya ingat saat ke Banyuwangi, arsitektur airport Blimbingsari sangat unik, sejuk meskipun tidak ber AC. Bahan bakunya juga berasal dari kayu-kayu yang tidak banyak dipoles. Bagus sekali," lanjut Triawan.

Tapi bukan Triawan jika tak mampu memicu gelak tawa para arsitek yang hadir di acara press conference itu. "Pokoknya, kalau dengan arsitek itu idenya jangan ditawar-tawar. Biarkan aja mereka berekspresi. Kalau idenya tidak ditawar, harganya bisa ditawar. Karena mereka orang idealis yang ingin meninggalkan jejak," katanya bercana.

Triawan akan selalu dan tetap akan mendukung pariwisata dalam memajukan pariwisata indonesia. Ada 16 sub sektor ekonomi kreatif yang harus dimajukan, untuk mendukung Kemenpar.

 "Kami ini anak angkat Kemenpar, karena itu percayalah kami berkewajiban untuk terus membantu Kemenpar, sebagaimana amanat Presiden Jokowi, bahwa ke depan hanya pariwisata yang menjadi andalan perekonomian nasional. Kami bersama Kemenpar juga akan buatkan sayembara lagu sepuluh destinasi prioritas," sebut Triawan.

JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyerahkan hadiah total Rp 1 miliar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close