Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menpar Ingin Abadikan Karya Pemenang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara

Jumat, 28 Oktober 2016 – 11:16 WIB
Menpar Ingin Abadikan Karya Pemenang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara - JPNN.COM
Malam penganugerahan penghargaan pemenang sayembara Desain Arsitektur Nusantara. Foto: from Indopos

jpnn.com - JAKARTA - Pemenang sayembara Arsitektur Nusantara untuk homestay atau rumah wisata sudah diumumkan, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar RI, Selasa (25/10).

Namun perbincangan soal karya-karya gambar seni bangunan khas 10 destinasi prioritas itu masih saja hangat dijadikan tema. “Terima kasih atas partisipasi semua peserta, luar biasa antusias, dan cukup membanggakan,” sebut Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Arief setuju dengan statement Kepala Bekraf Triawan Munaf, bahwa semangat arsitek-arsitek yang mengikuti lomba itu bukan semata-mata mengejar finansial. Tetapi mencari reputasi terbaik, menaikkan portofolio, meninggalkan jejak, membangun sejarah. “Karena itu saya ingin nanti karya-karya mereka diabadikan dalam desain arsitektur nusantara di 10 top destinasi yang akan dibangun homestay,” katanya.

Dengan begitu, karya mereka tidak hanya mandek hanya sampai di sayembara yang berhadiah total Rp 1 M, dengan komposisi juara I Rp 50 juta, peringkat II Rp 30 juta, dan pemenangan III Rp 20 juta itu. Tapi karya mereka diimplementasikan dalam bangunan homestay, dalam satu kawasan atau clusters, di destinasi wisata. “Ini akan membuat mereka semakin bangga dengan karyanya yang menjadi daya tarik atau atraksi wisata tersendiri,” jelasnya. 

Ketua Dewan Juri Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2016 ini, Yori Antar menjelaskan selama ini arsitektur nusantara itu dikesankan sebagai model bangunan kuno yang layak masuk musem. Tetapi karya yang dibuat peserta sayembara ini jauh kelihatan artistic dan tidak terkesan tua. 

“Dan itu semua nantinya tidak dimiliki oleh investor real estate, melainkan dipunyai oleh masyarakat sebagai homestay,” kata Yori yang dibenarkan oleh anggota tim juri, Bambang Eryudhawan, Dharmali Kusumadi, Eko Alvares, Endy Subijono, Hari Sungkari, dan Herry Purnomo. 

Yori menyebut, di Sumba ada resort Nihi Watu, dinobatkan sebagai resort terbaik di dunia, terkenal di mana-mana. Desainnya sangat lokal, menggunakan arsitektur nusantara. “Sama juga dengan Wae Rebo di atas perbukitan di Flores, yang untuk menggapainya harus berjalan kaki. Dulu setahun hanya dikunjungi 50 wisatawan, sekarang 30 ribu orang. Konsepnya adalah rumah adat asli arsitektur nusantara,” kata Yori. 

Jaya Suprana, pendiri MURI –Museum Rekor Dunia Indonesia-- punya sudut pandang sendiri terhadap Sayembara Desain Homestay Nusantara 2016. Pemain piano, seniman, dan tokoh kelirumonolog yang punya perusahaan Jamu Jago Semarang itu salut dengan perhelatan ini. 

JAKARTA - Pemenang sayembara Arsitektur Nusantara untuk homestay atau rumah wisata sudah diumumkan, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close