Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SIMAK! Testimoni 'Keajaiban' di Hari AIDS Sedunia

Rabu, 07 Desember 2016 – 02:25 WIB
SIMAK! Testimoni 'Keajaiban' di Hari AIDS Sedunia - JPNN.COM
HIV AIDS. Foto: Health

jpnn.com, TERNATE - Peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) tahun ini rasanya amat istimewa bagi Marice dan pasangan suami istri Anita Sabari dan Theluis M. Tiga ODHA (orang dengan HIV/AIDS) itu diberi kesempatan untuk berbicara di depan publik mengenai penyakit yang mereka derita.

Tak sekadar berbagi, ketiganya juga mengungkapkan “keajaiban” yang dialami usai divonis mengidap virus mematikan itu

WAHYUDIN MADJID, Ternate

Taman Nukila ramai seperti biasanya. Hanya saja pagi itu (4/12), tampak berseliweran orang-orang berkaus hitam dilengkapi aksesoris pita merah di dada. Ya, peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Maluku Utara (Malut) memang tengah dipusatkan di taman kebanggaan warga Kota Ternate itu.

Usai senam sehat, tampil dua wanita dan satu pria asal Halmahera Utara (Halut). Ketiga orang tersebut, yakni Marice dan pasangan suami istri (pasutri) Anita Sabari dan Theluis M. Mereka adalah orang-orang yang telah divonis mengidap HIV dan AIDS (ODHA). Pagi itu ketiganya diberikan kesempatan untuk berbicara tentang penyakit yang dideritanya.

Pasutri Theluis dan Anita divonis mengidap AIDS pada 2011 lalu, setahun setelah keduanya menikah. Kala itu, Theluis mengalami keputihan dan timbul benjolan kecil di lehernya. Oleh suaminya, ia dibawa memeriksakan diri ke RSUD Tobelo.

”Awalnya saya pikir Cuma penyakit biasa saja,” ungkapnya seperti dilansir Malut Post (Jawa Pos Group).

Setibanya di RS, perawat menanyakan keluhan apa yang ia rasakan. Theluis pun menceritakan soal keputihan dan benjolan tersebut. Perawat lantas melaporkan pada dokter. Setelah memeriksa lehernya, oleh dokter Theluis ditanya apakah bersedia diperiksa darahnya untuk mengetahui apakah ada virus HIV di tubuhnya. ”Dan saya sampaikan bersedia diperiksa,” tuturnya.

Peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) tahun ini rasanya amat istimewa bagi Marice dan pasangan suami istri Anita Sabari dan Theluis M.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close