10 Cara Mudah dan Murah Hilangkan Lemak di Perut

Selasa, 19 Maret 2019 – 23:19 WIB
ilustrasi perut rata.

jpnn.com - Setiap orang tentunya menginginkan perut ramping tanpa ada lemak berlebihan, ini terkait kepercayaan diri. Selain mengurangi rasa percaya diri, adanya timbunan lemak di perut ternyata berbahaya.

Banyak cara untuk menghilangkan lemak di perut, tinggal Anda memilihnya. Mulai dari sedot lemak, menggunakan obat-obatan kimia hingga pilihan yang paling sehat, murah dengan risiko paling aman. Pilihan terakhir tentu bukan hal yang mudah dan instan.

BACA JUGA: Depe: Banyak yang Pikir Saya Operasi Dada, Padahal...

Berikut ini pilihan mengurangi lemak dengan cara yang lebih murah dan aman, seperti dilansir laman Stylecraze, Senin (18/3).

1. Kurangi Asupan Kalori Anda

BACA JUGA: Dewi Persik Pengin Tubuhnya Montok Berlekuk

Untuk menghilangkan lemak perut bagian bawah, jaga kalori Anda dalam kisaran yang sehat dan hindari makanan yang tinggi lemak jenuh.

Hindari junk food dan memasukkan makanan tinggi serat dalam diet Anda untuk menjaga tingkat metabolisme Anda tetap tinggi.

BACA JUGA: Sedot Lemak, Dewi Perssik Ingin Mirip Barbie

2. Hindari Stres

Stres bisa menyebabkan peningkatan kortisol, hormon yang mendorong tubuh untuk menyimpan lemak berlebih di perut bagian bawah.

Ini bisa menjadi lebih buruk jika dikombinasikan dengan diet yang buruk. Untuk menjaga tingkat kortisol stabil, pilih makanan dengan indeks glikemik rendah seperti lentil, buncis dan kacang-kacangan.

3. Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman yang sangat baik untuk mengurangi lemak perut bagian bawah.

Teh ini mengandung senyawa yang disebut catechin yang meningkatkan metabolisme.

Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa, orang yang minum 2 cangkir teh hijau setiap hari, kehilangan lemak visceral hampir 16 kali lebih banyak daripada mereka yang tidak.

4. Pelatihan Interval

Latihan interval adalah cara paling efektif dan terbaik untuk mengurangi lemak perut bagian bawah.

Latihan interval bergantian antara cardio intensitas tinggi dan rendah membantu membakar lebih banyak kalori. Anda bisa menyelingi episode kecil berlari di antara sesi jalan kaki Anda.

5. Diet

Cara terbaik untuk mengurangi lemak perut bagian bawah adalah dengan mengikuti diet seimbang.

Diet harus termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian rendah kalori. Anda juga perlu mengurangi asupan natrium untuk meminimalkan retensi air.

Batasi asupan gula dan makanan berlemak tinggi. Hindari mengonsumsi gula berlebih karena merupakan penyebab utama rendahnya lemak perut.

Kelebihan gula meningkatkan level insulin dalam tubuh yang menyebabkan energi disimpan dalam sel-sel lemak.

6. Air

Minumlah banyak air sepanjang hari untuk mempercepat metabolisme dan membuang racun dari tubuh.

Air membuat Anda kenyang untuk periode waktu yang lebih lama. Minumlah segelas air sebelum makan untuk mengekang selera makan Anda.

Air juga akan membuat Anda segar kembali dan akan mengurangi keinginan Anda untuk minuman manis.

7. Tidur

Tidur 8 jam adalah salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi lemak perut bagian bawah.

Tidak cukup tidur melepaskan hormon yang disebut ghrelin, yang memicu keinginan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan makanan pembangun lemak lainnya.

Kadar kortisol bisa meningkat karena kurang tidur, yang menyebabkan penumpukan lemak perut. Tidur yang nyenyak menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran dan tubuh.

8. Say No To Alcohol

Batasi konsumsi alkohol Anda. Alkohol mengandung kalori dan lemak kosong yang menumpuk di sekitar pinggang dan membuat perut Anda buncit.

9. Latihan

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa orang yang melakukan kardio moderat setiap hari bisa mengurangi lemak perut lebih rendah hingga hampir 20 persen.

Latihan kardiovaskular mempercepat metabolisme dan membakar kalori untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Ini termasuk jogging, berjalan, hiking, dan berenang.

Anda juga bisa menghilangkan lemak perut bagian bawah dengan menggabungkan latihan resistensi dengan latihan kardiovaskular atau aerobik.

Ini akan membantu Anda membangun otot tanpa lemak dan meningkatkan metabolisme dalam jangka panjang.

10. Jangan Abaikan Makanan

Cara terbaik untuk mempercepat metabolisme adalah dengan makan secara teratur dalam porsi kecil.

Alih-alih mengonsumsi 3 makanan besar, makan 6 porsi makanan kecil, makan secara perlahan dan nikmati setiap gigitannya.

Dengan cara ini Anda akan cenderung makan lebih sedikit dari yang Anda butuhkan. (fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler