10 Makanan yang baik Untuk Penderita Jantung

Selasa, 22 Januari 2019 – 10:48 WIB
Penyakit jantung. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Kematian akibat penyakit jantung memang telah menurun dalam beberapa tahun terakhir ini. Penyakit jantung sampai saat ini masih menjadi ancaman kesehatan yang besar.

Kabar baiknya adalah bahwa kita kini tahu banyak tentang bagaimana mencegah penyakit kardiovaskular, yang mencakup stroke dan serangan jantung.

BACA JUGA: Jarang Melakukan Cardio Akan Lebih Mematikan Dibanding Perokok?

Sudah jelas bahwa makanan sehat dan pola hidup sehat bisa membuat perbedaan besar.

Berikut ini makanan-makanan yang ideal untuk penyakit jantung, seperti dilansir laman Care2, Senin (21/1).

BACA JUGA: Lakukan Aktivitas Ringan Selama 20 Menit Baik Bagi Pasien Jantung

1. Beet

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Nitric Oxide menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak nitrat yang banyak terkandung dalam bit, sangat membantu dalam pengobatan hipertensi. 

BACA JUGA: Polusi Udara Bisa Menyebabkan Stroke?

Nitrat yang terjadi secara alami diubah dalam tubuh Anda menjadi nitrit oksida, senyawa yang meningkatkan tekanan darah.

2. Bluberi

Blueberry adalah salah satu makanan dengan konsentrasi tertinggi dari flavonoid yang disebut proanthocyanidins. 

Proanthocyanidins memberikan blueberry warna biru mereka dan bertindak sebagai antioksidan yang menghancurkan radikal bebas yang terkait dengan penyakit jantung.

3. Chia

Hanya satu ons biji chia yang mengandung 4915mg bisa membantu penyembuhan penyakit jantung dan Omega 3s yang meredakan peradangan, membuat benih kecil ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit jantung.

4. Kayu Manis

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Family Medicine menemukan bahwa mengonsumsi 120 mg kayu manis setiap hari (dosis yang cukup rendah karena satu sendok teh setara dengan sekitar 2600 mg kayu manis) menghasilkan kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah yang menawarkan manfaat kesehatan jantung.

5. Biji Rami

Kaya serat yang membantu mengurangi kadar kolesterol yang berlebihan, satu ons biji rami mengandung 6388mg asam lemak Omega 3.

Asam lemak ini meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan di pembuluh darah yang seharusnya diperbaiki dengan plak.

6. Sayur hijau

Jika Anda menderita penyakit jantung, Anda tentunya harus mengonsumsi sayuran favorit Anda, termasuk kale, selada, peterseli dan bayam.

Itu karena penelitian dalam jurnal Atherosclerosis menemukan bahwa beberapa sayuran lebih baik daripada yang lain.

Sayuran dengan kandungan lutein tinggi, seperti sayuran hijau, sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Buah delima

Buah delima mendukung kesehatan jantung yang hebat. Warna merah ruby mereka memberikan isyarat visual pada tingkat tinggi antioksidan yang ada dalam buah. 

Antioksidan ini membantu melindungi dinding arteri dari kerusakan radikal bebas dan mengurangi kemungkinan timbulnya plak arteri.

Para peneliti menemukan bahwa intervensi terapeutik dengan polifenol antioksidan yang terkandung dalam jus buah delima memiliki efek pencegahan dan korektif.

8. Lobak

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menemukan bahwa banyak varietas lobak juga menawarkan banyak nutrisi, salah satunya adalah anthocyanin. 

Anthocyanin adalah kelompok nutrisi tanaman yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi serta sifat-sifat rileks pembuluh darah.

9. Kubis merah

Penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa mikroba yang tumbuh dari kubis merah bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Para peneliti menemukan bahwa mikroba kubis merah menurunkan lipid dan senyawa peradangan yang disebut sitokin yang terkait dengan penyakit jantung.

10. Rosemary

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa menambahkan ramuan rosemary (Rosmarinus officinalis) ke dalam diet Anda juga bisa membantu mengobati penyakit jantung.

Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang secara alami ada dalam rosemary memiliki efek anti-inflamasi yang signifikan, yang merupakan faktor mendasar dalam penyakit jantung.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hindari Penyakit Stroke dengan 5 Langkah Sehat ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler