10 Manfaat Tomat untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Kamis, 21 Desember 2023 – 02:04 WIB
Tomat. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - TOMAT merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi karena kandungan nutrisinya.

Dikemas dengan nutrisi, tomat tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan ketika dimasukkan ke dalam makanan, tetapi juga merupakan pahlawan super dalam hal memberi manfaat pada kulit ketika diterapkan.

BACA JUGA: 5 Manfaat Tomat, Aman Dikonsumsi Penderita Penyakit Ini

Jika Anda mengetahui cara menggunakannya dengan benar, kandungan Vitamin C dan antioksidan pada buah ini akan menjamin peningkatan kesehatan kulit.

Vitamin A dalam tomat membantu memperkuat kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit sementara kandungan potasium memastikan kesehatan jantung dan mengatur kadar gula darah.

BACA JUGA: Ladies, Ingin Kulit Wajah Makin Bersinar, Konsumsi 5 Buah Ini

Yuk kita simak apa saja manfaat tomat untuk wajah, seperti dikutip laman Hkvitals.com.

1. Mengurangi Minyak Berlebih

Untuk memastikan pori-pori Anda tidak tersumbat karena produksi minyak yang berlebihan, menggosokkan tomat pada wajah adalah pilihan yang tepat.

BACA JUGA: Waspada, Ini 3 Bahaya Makan Tomat Berlebihan, Tidak Baik untuk Penderita Penyakit Ini

Ini sangat bermanfaat untuk kulit yang rentan berjerawat karena juga membantu menjaga tingkat pH kulit.

2. Menghilangkan Sel Kulit Mati

Enzim yang ada dalam tomat membantu mengelupas kulit dengan lembut dan menghilangkan debu dan kotoran yang cenderung menempel di kulit seiring waktu.

Menggosok tomat pada wajah setiap hari akan memastikan sel-sel kulit mati tersingkir dan kulit tampak bercahaya dan segar.

3. Mengencangkan Pori-pori

Pori-pori terbuka adalah pertanda baik adanya polutan yang mencakup kotoran dan bakteri.

Penggunaan tomat pada kulit wajah berfungsi sebagai astringent, mengecilkan pori-pori dan memastikan kulit tidak terlihat kusam dan jerawat hilang.

4. Melawan Tanda-Tanda Penuaan

Garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur merupakan keluhan paling umum dari penuaan dini pada kulit akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama dan pencemaran lingkungan.

Kandungan vitamin B kompleks yang ada pada tomat membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit.

5. Mencerahkan Kulit

Jika Anda ingin memiliki kulit wajah cerah bercahaya tanpa mengeluarkan banyak uang ke salon, menggosokkan tomat pada wajah setiap hari adalah solusinya.

Vitamin C, E dan kandungan beta-karoten pada tomat membantu memperlihatkan corak alami kulit dan semakin mencerahkannya.

6. Mengatasi Jerawat

Jika Anda melihat jerawat muncul di wajah tepat sebelum acara penting, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengambil sepotong tomat dari dapur dan membiarkannya bekerja dengan baik.

Tomat membantu dengan menutup pori-pori dan menjaga tingkat pH kulit sehingga menghilangkan jerawat.

7. Meredakan Iritasi Kulit

Karena sifat antiinflamasinya, tomat adalah pilihan yang baik untuk membantu menghilangkan iritasi kulit yang disebabkan oleh berbagai alasan.

8. Mengobati Kulit Terbakar Sinar Matahari

Pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan bekas tan dan mengobati sengatan matahari, tomat di wajah membantu menenangkan kulit dan mencegah sengatan matahari karena kandungan likopennya yang kaya.

9. Mengurangi Hiperpigmentasi

Perubahan warna kulit menghilangkan kilau alami kulit. Salah satu manfaat mengoleskan tomat pada kulit wajah adalah membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi sehingga kulit tampak lembab dan bercahaya. Ini dianggap sebagai bahan pemutih alami.

10. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen adalah protein penting yang menjaga kulit Anda tetap muda dan sehat.

Produksi kolagen alami tubuh menurun seiring bertambahnya usia dan mengisinya kembali dengan memasukkan tomat ke dalam makanan dan perawatan kulit terbukti membantu.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Tomat   Kulit wajah   Kolagen   Jerawat  

Terpopuler