10 Pemain Timnas Indonesia U-22 Tahan Vietnam

Selasa, 22 Agustus 2017 – 22:16 WIB
Suporter Timnas Indonesia. Ilustrasi Foto: Angger Bondan/dok.JPNN.com

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Timnas Indonesia U-22 memiliki kesabaran dan daya juang tinggi menghadapi Vietnam dalam laga grup B SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8) malam.

Bertanding di Stadion MP Selayang, Malaysia, Garuda Muda harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-60 setelah Hanif Sjahbandi diganjar kartu kuning yang kedua, sehingga otomatis dapat kartu merah dari wasit Almubaraq. Dengan hasil imbang, sudah bagus bagi Indonesia.

BACA JUGA: Tahan Vietnam dengan 10 Pemain, Indonesia Jaga Peluang ke Semifinal

Dalam laga ini, Indonesia memang lebih banyak bermain bertahan. Pemain-pemain Vietnam leluasa memainkan bola dan masuk ke area pertahanan Indonesia.

Vietnam yang menerapkan taktik fullpress tidak memberikan ruang sedikitpun bagi Hansamu Yama Pranata dkk saat menguasai bola.

BACA JUGA: Skor Kacamata Tutup Babak Pertama Indonesia Kontra Vietnam

Mereka menerapkan pressing ketat, karena itu Indonesia akhirnya banyak melakukan kesalahan passing saat terus ditekan.

Babak pertama, Indonesia hanya mendapatkan dua kesempatan emas. Pertama dari sepakan Hargianto dari luar kotak penalti yang sedikit menyamping. Kemudian, Septian David Maulana shootingnya masih bisa ditepis oleh kiper Vietnam.

BACA JUGA: Starting XI Indonesia vs Vietnam: Ezra Walian Main dari Menit Pertama

Vietnam sangat mengancam di menit akhir yang dilakukan oleh oleh Vu Vanh Tanh lewat sundulannya. Beruntung, kiper Indonesia Satria Tama sukses membuang bola keluar.

Pada babak kedua, Indonesia memang tak banyak melakukan perubahan taktik. Mereka tetap mengandalkan serangan dari sayap, walaupun terus menerus gagal.

Praktis Hansamu Yama dkk lebih banyak mengandalkan serangan balik. Saat momen menyerang itulah, Hanif yang membawa bola sempat memukul sambil setengah berlari kepada muka pemain Vietnam.

Alhasil wasit pun memberi kartu kuning kedua, yang sebelumnya telah diterima pada babak pertama.

Bermain dengan 10 orang, otomatis pemain Indonesia berada di area pertahanan. Hanya Marinus Manewar yang menjadi pemain pilihan untuk naik turun di lini depan.

Kiper pengganti, Kurniawan Kartika Ajie, juga benar tampil memukau dan mampu mengagalkan peluang emas Vietnam untuk menciptakan gol. Skor imbang beftahan sampai laga usai.

Hasil ini membuat Indonesia mengoleksi tambahan 1 poin dan mengumpulkan poin 8 dari empat laga, dua kali imbang dan dua kali menang.

Sementara Vietnam masih di puncak klasemen dengan poin 10, hasil dari tiga kali menang dan sekali imbang. (dkk/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ciattt... Srunita Sari Persembahkan Emas untuk Indonesia dari Karate


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler