11 Makanan dan Minuman Antipenuaan Kebutuhan Tubuh

Rabu, 17 April 2013 – 11:06 WIB
Buah Kenari. Getty Images
KEBANYAKAN orang ingin terlihat setahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya. Untuk terlihat awet muda, banyak wanita rela melakukan  diet yang aneh, operasi plastik dan  melakukan suntikan botox.

Padahal, penuaan ini bisa ditunda dengan makan buah yang kaya dengan vitamin E. Senyawa yang mengadnung molekul tocopherol dan tocotrienol dapat meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit.

"Buah-buahan dan sayuran dapat membantu melindungi terhadap penuaan kulit," kata Ahli Gizi, Dr Nupur Krishnan seperti yang dilansir laman  Times of India.

Berikut daftar beberapa makanan dan minuman anti-penuaan yang disarankan:


Kacang Almond


Sejak  ratusan tahun almond telah dianggap sebagai makanan anti penuaan karena mengandung vitamin E yang sangat tinggi. Almond sangat bagus untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku.

Tubuh membutuhkan vitamin E untuk melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara, peroksida dan sinar ultra violet. Para ahli mengatakan bahwa makan sekitar selusin almond setiap hari akan sangat  membantu.

Kenari


Kenari merupakan sumber yang kaya vitamin E dan juga bisa membuat kulit anda anda lebih cerah.


Ketimun

Ketimun dapat memperbaiki kulityang  lelah dan dehidrasi. Kandungan air yang tinggi dapat membuat kulit halus dan bercahaya.

Alpukat


Alpukat juga dikenal sebagai pelembab alami terbaik dan mengandung  nutrisi seperti vitamin C dan E, dan asam lemak Omega 3. Meskipun alpukat ukuran sedang memiliki kandungan  lemak sebesar 30 gram , semua itu merupakan lemak jenuh yang mampu yang menurunkan kolesterol dan melindungi jantung. "Makan alpukat dapat membantu mencegah keriput dan menjaga kulit anda tampak halus dan lentur, karena kandungan  Vitamin E yang terdapat dalam alpukat dapat membuat kulit anda bersinar,” kata Dr.Deepshika.

Wijen

Wijen juga kaya akan  vitamin E

Berries


Antioksidan yang  ada dalam berry seperti blueberry, cranberry dan stroberi dapat membantu menjaga kulit anda tetap bercahaya


Teh Hijau


Teh hijau merupakan minuman pengganti kopi yang mengandung antioksidan.

Air


Jika Anda tidak minum 2-3 liter air setiap hari, kulit anda dapat menjadi berkerut lebih cepat.


Juice Lidah Buaya


Jus lidah buaya  juga sangat baik bagi kulit anda.


Biji Bunga matahari


Mengonsumsi segenggam biji bunga matahari setiap hari akan membantu anda terlihat lebih muda, mencegah keriput dan meningkatkan elastisitas kulit karena biji bunga matahari  sangat kaya akan vitamin E.

Kacang Brazil


Kacang Brazil merupakan sumber yang sangat kaya selenium, mineral yang bekerja sangat baik dengan vitamin E untuk menghentikan stres oksidatif dan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, dengan demikian, memperlambat proses penuaan. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ngobrolin Gaji di Kantor, AS Paling Tabu, Jerman Paling Nyaman

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler