12 Jenis Logistik Pilkada ini Harus Sudah Siap Diproduksi Awal November

Selasa, 10 September 2024 – 23:40 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah Soleman. ANTARA/MOH SALAM.

jpnn.com - SIGI - Sebanyak 12 jenis logistik untuk keperluan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sigi, Sulawesi Tengah harus sudah siap diproduksi paling lambat awal November 2024.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman, ke-12 item dimaksud harus sudah tiba di gudang penyelenggara pilkada per 1 November.

BACA JUGA: 19 Anggota DPR Terpilih Mundur Demi Maju Pilkada 2024

Adapun 12 item logistik tersebut yaitu kotak suara, bilik suara pemungutan, segel, segel plastik/kabel ties, formulir A4, formulir plano, tinta, sampul kertas biasa, sampul kertas kubus, sampul kertas biasa model C. KWK, DPC ukuran 1 plano serta DPC ukuran 1/2 plano.

Menurut Soleman saat ini yang dalam proses pembuatan adalah kotak suara, bilik suara, kabel ties, tinta dan segel.

BACA JUGA: Ridwan Kamil-Suswono Berjanji Lanjutkan Gagasan Anies Baswedan

"Untuk logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Sigi sebanyak 12 item di luar dari spidol, paku dan lainnya," ujar Soleman.

Dia mengemukakan selanjutnya KPU Kabupaten Sigi masih menunggu proses pencetakan dan pembuatan surat suara, formulir A4 dan plano, serta Daftar Pasangan Calon (DPC) setelah penetapan calon bupati dan wakil bupati pada 22 September mendatang.

BACA JUGA: Tiga Calon Bupati Inhu Berkumpul di Polres, Siap Jaga Situasi Pilkada Damai

"Nanti menyusul surat suara, formulir, daftar pasangan calon (DPC), dan alat peraga kampanye/bahan kampanye (APK/BK)," ucapnya.

Menurut Soleman DPC akan diproduksi setelah KPU Sigi menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sigi.

"Makanya, kami sudah menyurat ke masing-masing bapaslon meminta foto untuk dicetak pada surat suara," ucapnya.

Soleman lebih lanjut mengatakan tempat penyimpanan logistik Pilkada 2024 berlokasi di Desa Potoya, Dolo, Sigi.

"Nantinya KPU Sigi akan menggunakan gudang Pemilu 2024 lalu. Semua masukan dari stakeholder terkait kondisi gudang pada Pemilu 2024 akan kami perbaiki termasuk mengecek lagi apakah ada atap yang bocor atau tidak," katanya.

Soleman juga mengatakan wilayah Sigi kini memasuki musim hujan. Karena itu tempat penyimpanan logistik dan penyaluran ke masing-masing tempat pemungutan suara (tps) dari gudang KPU Sigi menjadi salah satu fokus dari penyelenggara.

"Kabupaten Sigi masuk musim hujan, maka sesuai jadwal paling lambat sepekan sebelum voting day logistik pilkada sudah harus sampai di tps," ujarnya.

Diketahui saat ini jumlah sementara tps di Kabupaten Sigi pada Pilkada 2024 sebanyak 471 tps.

"Untuk setiap tps itu terdiri dari dua kotak suara dan 4-5 bilik pemungutan suara dengan masing-masing tps berjumlah 600 orang, " ucapnya.

Dia mengajak masyarakat saat voting day dapat datang lebih awal khususnya yang masuk dalam daftar pemilih tetap.

"Intinya, sosialisasi, kami mengajak masyarakat cepat datang memilih pada voting day apalagi khusus DPT untuk meminimalisir kekurangan surat suara. Karena masing-masing TPS itu ada surat suara cadangan hanya 1,5 persen," kata Soleman. (Antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Momen Langka Menjelang Pilgub Riau 2024, Irjen Iqbal jadi Inisiatornya


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler