13 Penampilan Spesial di Synchronize Fest 2024

Rabu, 29 Mei 2024 – 19:01 WIB
Synchronize Fest 2024 mengumumkan 13 penampilan yang akan hadir secara eksklusif pada 4, 5, 6 Oktober 2024 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Foto: Dok. Synchronize Fest

jpnn.com, JAKARTA - Synchronize Fest 2024 kembali mengumumkan 13 penampilan yang akan hadir secara eksklusif pada 4, 5, 6 Oktober 2024 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Sebanyak 13 penampilan spesial disiapkan untuk menambah seru perayaan musik Indonesia yang selalu dikedepankan oleh Synchronize Fest.

BACA JUGA: Garap Visual, Synchronize Fest 2024 Gandeng Cisarua Creative

Synchronize Fest 2024 ini mengusung tema Together Bersama, yang secara rileks mengekspresikan keberagaman, kebersamaan, dan perayaan keterhubungan masa lalu, sekarang, dan masa depan lewat seni budaya, dengan musik sebagai motor penggeraknya.

Together Bersama, sebuah bentuk gaya bahasa masa kini yang secara ekspresif merepresentasikan guyub warga-wargi lintas ragam.

BACA JUGA: Keseruan After Movie Sambut Synchronize Fest 2024

Adapun 13 pertunjukan ini istimewa, diramu dan dipersiapkan secara khusus, untuk bisa merayakan tema-tema spesifik yang diusung secara maksimal.

Sebagian besar dari pertunjukan tersebut menampilkan campur tangan dua show director, Edy Khemod dan Taba Sanchabakhtiar, yang sejak Synchronize Fest 2023 merealisasikan keajaiban penciptaan lewat pertunjukan seperti Mesin Waktu 2.0: Teman-Teman Menyanyikan Lagu Naif dan God Bless 50 Tahun.

BACA JUGA: Dewi Perssik, Aldi Taher, Hingga Burgerkill Siap Beraksi di Synchronize Fest 2024

Pengumuman special lineup Synchronize Fest 2024 ditandai melalui penayangan video yang dapat diakses melalui website penyelenggara.

Berikut 13 penampilan spesial yang diumumkan Synchronize Fest 2024:

1. Barry Likumahuwa: Synchronize Sunday Service

Seorang produser musik sekaligus pemain bass ternama, Barry Likumahuwa, akan menampilkan konsep pertunjukan bertema pengharapan. Tema ini terasa begitu relevan di tengah kehidupan manusia sekarang yang semakin berlika-liku dan kerap kehilangan asa.

Sederet lagu populer akan diaransemen secara istimewa oleh Barry Likumahuwa dan grup musiknya, sambil menghadirkan 40 orang dalam sebuah kelompok paduan
suara.

2. Brang Breng Brong: Benyamin Bikin Ketributan (Abryal Ethnic, Amboro, Batavia Collective, Benno Benyamin, David Bayu, Gugun GBS, Hudson, Iwa K, Nesia Ardi, Rina Nose, Sandhy Sondoro, Sisitipsi, Soulfood).

Brang Breng Brong sebuah pertunjukan tribute bagi sang legenda seni dan kebudayaan, Benyamin Suaeb. Kiprah Benyamin semasa hidupnya tidak pernah lepas dari ragam karya mulai dari sebagai bintang film, pelawak, penyanyi, hingga sutradara film.

Terhitung semasa gidupnya beliau telah memerankan setidaknya 57 judul film dan menelurkan lebih dari 75 album rekaman musik.

3. Erwin Gutawa Orchestra: Badai Pasti Berlalu (Afgan, Berlian Hutauruk, Bilal Indrajaya, Danilla, Fariz RM, Isyana Sarasvati).

Berangkat dari sebuah film dengan soundtrack fenomenal berjudul Badai Pasti Berlalu karya seniman multitalenta, Erros Djarot.

Pada perhelatan Synchronize Fest 2024, maestro musik, Erwin Gutawa, akan memimpin orkestranya untuk merayakan ulang sang album legendaris, dengan turut melibatkan penyanyi muda Afgan, Bilal Indrajaya, Danilla, dan Isyana Sararvati, serta nama-nama senior yang terlibat di dalam pengerjaan rekaman aslinya, yaitu BerlianbHutauruk dan Fariz RM.

4. INBOX SCTV Live At Synchronize Fest (7icons, Chibi-chibi, D'Bagindas, Hello Band, Repvblik. Host: Andhika Pratama, Gading Marten, Audi Marissa)

Bagi orang yang tumbuh dan berkembang di tahun 2000-an pasti pernah menghidupi rutinitas awal hari bersama program musik televisi Inbox SCTV. Program fenomenal ini
menjadi medium arus utama yang mengubah arah musik Indonesia di era itu.

Secara khusus Synchronize Fest berkolaborasi dengan SCTV untuk menghadirkan momen nostalgia melalui program Inbox Live at Synchronize Fest 2024, dengan sederet nama penampil.

5. Koil Killer Koplo

Pertunjukan Koil di Synchronize Fest kali ini mengusung konsep panggung bernama Koil Killer Koplo, yang merupakan antitesis dari citra rock yang kerap dianggap gahar dan gelap.

Koil Killer Koplo akan menampilkan hit Koil dengan aransemen musik dangdut koplo, tentu menjadi sebuah kejutan tidak terduga yang hanya dapat kalian nikmati di Synchronize Fest 2024.

6. Lagu Anak Masa Ke Masa

Menampilkan Titiek Puspa, Chicha Koeswoyo, Deredia, Mocca, Enno Lerian, Joshua Suherman, Tasya Kamila, Tina Toon, Melisa Abang Tukang Bakso, Dhea Ananda dan Leony VH Trio Kwek Kwek, Saskia & Geofanny, Ria Enes & Suzan.

7. Nike Ardilla Live Bersama Bonita, Danilla, Fanny Soegi, Putri Ariani, Tantri Kotak.

Kepergian tidak terduga dari lady-rocker Nike Ardilla pada 1995 meninggalkan luka yang begitu dalam bagi keluarga dan penggemar.

Hingga kini, 29 tahun paska kepergiannya, nama Nike Ardilla masih terus dikenang dan dipuja oleh begitu banyak kalangan.

Synchronize Fest 2024 secara khusus akan menghadirkan program pertunjukan persembahan bagi sosok Nike Ardilla, yang akan dinyanyikan oleh Bonita, Danilla, Fanny Soegi, Putri Ariani, hingga Tantri Kotak.

Untuk pertunjukan ini Synchronize Fest berkolaborasi dengan Bujuk Rayu dalam penggarapan visual metahuman untuk menghadirkan sosok Nike Ardilla di panggung pertunjukan.

8. R E M (Rien Djamain, Ermy Kullit, & Margie Segers): API ASMARA 

Lewat lantunan sekumpulan biduanita bersuara bak madu, Rien Djamain, Ermy Kullit dan Margie Segers, negeri ini memperoleh hit seperti Api Asmara, Kasih dan Semua Bisa Bilang. Musik jazz lokal pun dinikmati di televisi, radio, hingga berbagai ruang publik.

Untuk merayakan tonggak penting itu Synchronize Fest 2024 menghadirkan pertunjukan istimewa Api Asmara, dengan penampilan ketiga biduanita senior itu, menyanyikan lagu-lagu terbaiknya dalam format aransemen seperti rekaman orisinal.

9. Rock Opera Ken Arok: Harry Roesli (Arie Kriting, Candil, Dira Sugandi, Fauzan Lubis,  Isyana Sarasvati, Oslo Ibrahim, Soleh Solihun, Tria The Changcuters)

Salah satu karya terbaik Harry Roesli adalah Rock Opera Ken Arok, yang disinyalir merupakan satu-satunya karya rock opera di Indonesia.

Rock Opera Ken Arok pernah ditampilkan di dua era, yaitu tahun 1975 dan 1991, dengan konsep pelakonan sambil menyanyikan lagu bak opera dan teater di sepanjang
pertunjukan.

Harry Roesli berhasil mengawinkan rock dan bebunyian karawitan Sunda secara apik sehingga membentuk lanskap musik yang megah sebagai kritik sosial di era Orde Baru.

Secara khusus di Synchronize Fest 2024 akan menghadirkan kembali Rock Opera Ken Arok: Harry Roesli yang akan dilakoni oleh seniman dan musisi Indonesia, mulai dari: Arie Kriting, Candil, Dira Sugandi, Fauzan Lubis, Isyana Sarasvati, Oslo Ibrahim, Soleh Solihun, hingga Tria The Changcuters.

10. Sir Dandy Menyanyikan Lagu Teman-teman, Teman-teman Menyanyikan Lagu Sir Dandy.

11. Sore Dan Kawan-kawan (Afgan, Ardhito Pramono, Atilia Haron, Bilal Indrajaya, Cholil Mahmud, Fanny Soegi, Pusakata, Noh Salleh, Rian Ekky Pradipta)

Sebuah pertunjukan #TogetherBersama yang diusung oleh Synchronize Fest dengan menampilkan grup band SORE, yang kini hanya menyisakan dua personil orisinalnya, Awan Garnida dan Bemby Gusti, selepas kepergian mendiang Ade Paloh beberapa waktu lalu.

Pertunjukan kolaborasi ini begitu istimewa karena turut menghadirkan para musisi lintas kancah yang sangat mengapresiasi karya-karya SORE.

12. Sricandy: Lyodra, Tiara Andini, Ziva Magnolya, Mahalini, Keisya Levronka (Musik Oleh: Tohpati)

Mengawali karier bermusik melalui ajang pencarian bakat, kini Lyodra, Tiara Andini, Ziva Magnolya, Mahalini, dan Keisya Levronka menjelma menjadi sekumpulan penyanyi wanita yang paling diidolakan di Indonesia saat ini.

Kelima penyanyi Indonesia ini akan menampilkan nomor terbaik dari karya-karya, beserta karya persembahan lagu dari para Diva Indonesia terdahulu yang idolakan.

13. 60 Tahun Elvy Sukaesih Berkarya

Elvy Sukaesih merupakan tokoh legendaris musik dangdut Indonesia dengan predikat Ratu Dangdut, yang masih aktif berkiprah sejak 1964 hingga hari ini, dengan rilisan 48 album solo.

Sejak tahun 1977 berbagai judul film hingga serial televisi pun menjadi bagian dari perjalanan kreatif Elvy Sukaesih.

Penampilan Sang Ratu Dangdut di Synchronize Fest 2024 sekaligus menjadi perayaan 60 Tahun Elvy Sukaesih berkarya.

Di saat yang bersamaan, Synchronize Fest juga mulai melakukan penjualan tiket 3 Day Pass Presale 1 seharga Rp. 550.000.

Festival musik Synchronize Fest 2024 akan digelar pada 4, 5, 6 Oktober 2024 dengan tema #TogetherBersama.

Selain mengungkap jadwal acara, Synchronize Fest sebelumnya juga sudah mengumumkan 10 nama lineup penampil pada fase pertama.

Kesepuluh nama penampil Synchronize Fest 2024 di antaranya, Burgerkill 'Killchestra', Dewi Perssik feat. Aldi Taher, Haddad Alwi feat. Sulis Cinta Rasul & Yasmin, Inbox SCTV Live at Synchronize Fest, Omo Kucrut POTLOT JAM (Anda Perdana, Anang Hermansyah, Oppie & Bop, Kidnap Katrina, The Flowers, Imanez's Otto Jam & Slank).

Selanjutnya ada Prontaxan: The Blue Print of Remux Bro, Rakis Dawai Melantun Ajep (Melayukan Kartun Asal Jepang), The Bandells, Timnas Jatiwangi (Talawengkar, Motherbank, Lair).

Daftar penampil Synchronize Fest 2024 berikutnya diumumkan pada fase selanjutnya.

(ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler