15 Tim Dipastikan ke World Tour

Jumat, 05 Oktober 2012 – 07:37 WIB
AIGLE - UCI (Federasi Balap Sepeda Internasional) merilis 18 tim yang mengajukan aplikasi untuk mendapatkan lisensi World Tour baru atau perpanjangan dari yang sudah ada. Dalam kesempatan tersebut, UCI juga merilis tim-tim yang memiliki lisensi untuk mengikuti World Tour musim 2013.
   
Dari 18 tim di UCI World Tour 2012, hanya Lotto-Belisol belum termasuk dalam daftar yang dikeluarkan oleh UCI kemarin. Tapi, kasus seperti yang dialami Lotto-Belisol itu bukan kejadian yang langka. Tahun lalu, di kesempatan yang nyaris sama, UCI meninggalkan Garmin pada pengumuman awal. Garmin baru masuk di proses aplikasi berikutnya dan berlomba di musim 2012. Proses aplikasi tahun ini dibuka sampai 1 November.
   
Seorang juru bicara UCI mengonfirmasi kepada Cycling News bahwa Lotto Belisol belum melengkapi dokumen dalam aplikasinya. Kesalahan tersebut otomatis membuat UCI belum memberikan penetapan status bagi Lotto Belisol.
   
"Berdasarkan artikel 2.15.069 bis (untuk ProTeams) dan 2.16.014 (untuk Continental Pro) tim diminta untuk menyediakan dengan beberapa dokumen. Jika merekatak mampu melakukannya, mereka tidak ada masuk daftar, dan pembalapnya bebas untuk memutus kontrak mereka," ujar juru bicara UCI.
   
Seluruh tim World Tour lainnya masih menunjukkan usaha untuk berada di divisi teratas balap sepeda dunia. Mereka di antaranya: AG2R, Euskaltel-Euskadi, Garmin-Sharp, Rabobank dan Saxo Bank-Tinkoff mencari pembaruan lisensi, sedangkan Argos-Shimano berusaha sekali lagi untuk melangkah ke liga besar.
   
Semua tim, termasuk 15 regu yang mengajukan aplikasi untuk lisensi Pro Continental, masih harus menghadapi evaluasi finansial mereka, kontrak sponsor, kontrak pembalap dan garansi deposit bank sebelum mereka mendapatkan lisensi pada 2013, terlepas dari apakah mereka memperbarui atau sudah memiliki lisensi untuk musim mendatang.
   
Setelah evaluasi itu, tim-tim masih tidak belum mendapatkan garansi masuk ke dalam World Tour, UCI kemudian membuat peringkat, dan secara otomatis memberikan lisensi pada15 tim teratas. Tim yang tersisa, jika lebih dari 18 yang telah lulus proses evaluasi, menjadi sasaran evaluasi lebih lanjut untuk menentukan tim mana yang mengisi tiga tempat akhir.
   
Daftar UCI juga memberikan beberapa deskripsi dalam perubahan sponsor untuk tahun mendatang: Liquigas tidak lagi terdaftar dengan Cannondale, Merida bergabung dengan Lampre, dan BigMat tidak lagi terdaftar dengan FDJ. Dalam jajaran pro Continental, Wanty menggantikan Willems Verandas dengan tim Accent Jobs, Baloise bergabung Topsport Vlaanderen dan Farnese Vini menjadi Vini Fantini. (ady)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Silly Season pun Fokus ke Ferrari

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler