19 Perusahaan BUMN Raih Penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2021

Jumat, 06 Agustus 2021 – 20:56 WIB
Pengumuman nama-nama perushaan penerima GRC & Performance Exellence Award 2021. Foto: dokumentasi panitia

jpnn.com, JAKARTA - Majalah BusinessNews Indonesia mengumumkan nama-nama perusahaan penerima The Best GRC & Performance Exellence Award 2021.

Tercatat, sebanyak 19 perusahaan BUMN, 4 BUMD dan 5 swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi tersebut.

BACA JUGA: Semen Indonesia Jalin Kemitraan dengan TCC Jepang, Menteri BUMN Beri Apresiasi

GRC & Performance Excellent Award 2021 ini diikuti oleh sekitar 400 perusahaan BUMN, BUMD, dan Swasta yang masuk nominasi.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2020 Irnanda Laksanawan menjelaskan, dewan juri bersama tim penyelanggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun GRC dari perusahaan-perusahaan yang masuk nominasi.

BACA JUGA: Holdingnisasi PLTP dan PLTU, Kornas JAPI: Menteri BUMN Jangan Mengesampingkan Putusan MK

Dari jumlah itu, hanya sekitar 40 perusahaan yang memenuhi syarat dan diundang untuk memberikan presentasi maupun wawancaranya.

Hasilnya 28 perusahaan terdiri dari perusahaan BUMN, BUMD, dan swasta terpilih sebagai pemenang.

BACA JUGA: Jenderal Andika Perkasa: Jika Mereka Tak Kembalikan Uang, Langsung Tindak Pidana

Antara lain PT BRI (Persero), PT Bank Mandiri (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT Jamkrindo, PT Jasa Raharja, PT Petrokimia Gresik, PT Bukit Asam, dan masih banyak lagi.

Acara yang digelar dengan mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu bekerjasama dengan OCEG - USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship) bertempat di SKY Ballroom JHL Solitaire Gading Serpong, Kota Tangerang, Kamis (5/8) malam.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan yang dinyatakan sebagai pemernang dinilai telah mengimplementasikan Governance, Risk and Compliance (GRC) dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan (compliance)yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia tahun ketiga.

“Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujar Irnanda ketika memberikan sambutan di acara tersebut yang dilaksanakan secara hybrid.

Irnanda menjelaskan bahwa Pemenang GRC Award 2021 ini didasarkan pada penilaian atas jawaban terhadap sejumlah pertanyaan:

1.Apakah perusahaan itu memiliki komitmen tinggi dalam mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) atau tidak?

2.Bagaimana strategi yang dilakukan oleh Para CEO dalam menghadapi krisis ekonomi global dan domestic di masa pandemic covid-19?

3.Transformasi digital seperti apa yang dijadikan sebagai kunci sukses dalam penerapan GRC di korporasi untuk mendukung kesuksesan?

4.Bagaimana Tata Kelola dan Mitigasi Risiko yang sudah dilakukan di perusahaan agar menjadi korporasi terpercaya?

“Kalau dari sisi Kementerian BUMN, sudah meluncurkan budaya kerja “Akhlak" (Amanah, Kompetensi, Haromins, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif) untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga data memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada publik maupun rakyat pada umumnya. Ternyata budaya itu diteladani dengan baik oleh perusahaan-perusahaan di bawah naungan BUMN, BUMD, bahkan perusahaan swasta pun mengikuti,” terang Irnanda.

Dikatakan, yang dilakukan oleh kementerian BUMN sangat tepat. “Meskipun sebagian besar WFH tetapi perusahaan perusahaan beradaptasi secepat mungkin dan tetap memberikan pelayanan yang terbaik,” ujarnya.

Dewi Hanggraeni selaku Chairman Board of Jury menjelaskan bahwa acara GRC & Performance Excellence Award 2021 di tahun kedua Covid-19 ini merupakan momen yang tepat untuk recovery and reinvention dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan.

Diadakannya acara ini juga untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GCG, penerapan manajemen risiko, meningkatkan kepatuhan, sekaligus GRC secara keseluruhan.

“Manfaat dari penerapan GRC tidak diragukan lagi, antara lain dapat sebagai dashboard pencapaian tujuan, meningkatkan budaya sadar risiko, meningkatkan confidence level, mengurangi potensi kerugian, lebih efisien, efektif, meningkatkan daya saing, dan mengoptimalkan nilai perusahaan,” ujar Dewi. (esy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler