2 Anak SMK di Grogol Petamburan Tertipu, Hp Raib, Begini Modus Pelaku Ojol

Selasa, 06 Agustus 2024 – 04:50 WIB
Kanit Reskrim Polsek Grogol Petamburan AKP Aprino Tamara. ANTARA/Risky Syukur

jpnn.com, JAKARTA - Polisi memburu seorang pria menyamar sebagai ojek online (ojol) yang menipu dan membawa kabur telepon seluler milik dua pelajar SMK Ma'arif Grogol, Petamburan, Jakarta Barat.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Grogol Petamburan AKP Aprino Tamara saat dihubungi di Jakarta pada Senin mengatakan kejadian tersebut terjadi Jumat (2/7).

BACA JUGA: Dicari! Pelaku Perampokan Siswi SMPN 101 Palmerah, Itu Tampangnya

Saat itu pelaku membujuk dua pelajar SMK Ma'arif Grogol Petamburan bernama MI dan L untuk memesan layanan ojek daring lalu berkeliling sebentar bersama korban sehingga pelaku bisa mendapatkan bintang lima.

Saat itu pelaku meminta telepon seluler (ponsel) korban lalu mengiming-imingi korban dengan uang Rp25 ribu setelah bintang lima layanannya tercapai.

BACA JUGA: Tenggelam di Bendungan Watervang, Pelajar SMK Ditemukan Meninggal Dunia

Awalnya pelaku datang dengan sepeda motor ini ke sekolah itu.

"Jadi, pelaku minta si MI ini awalnya 'lu mau enggak naik ke motor saya, naik, pesan ojek, nanti saya yang nerima, habis itu kita putar-putar'," katanya.

BACA JUGA: Geram Kapolres Jember 5 Anggotanya Dikeroyok Pesilat PSHT, Aipda Parmanto Terluka Parah

"Nanti kalau selesai, tuh, pesanannya, nanti gua kasih duit, lu gua kasih duit Rp 25.000', gitu," katanya.

Setelah berkeliling dan menurunkan MI di satu tempat, pelaku kembali menjemput L di sekolah yang sama. Mengikuti MI, L juga menerima tawaran pelaku untuk memberikan ponselnya.

"Nah, pelaku jemput lagi temannya atas nama si L yang ada di video itu. Mutar-mutarlah sama si L itu lagi, selesai, diturunlah si L. 'Kalian tunggu di sini ya, nanti saya balik lagi tuh ada orang lagi tuh," kata Aprino menirukan perkataan pelaku kepada korban.

Setelah sekitar 15 menit MI dan L menunggu, pelaku tak kunjung datang ke tempat pelaku menurunkan mereka.

"Nah, jalanlah si pelaku ini, selang 15 menit ya, mikir dia (MI dan L), kok, enggak balik-balik orang ini?' Nah itulah dia baru ngeh. Jadi, kenapa dia (L) percaya ke pelaku, karena sebelumnya MI, si kawannya si L ini," kata Aprino.

Setelah menerima laporan dari MI pada Minggu (4/8), polisi langsung bergerak menyelidiki dan memburu pelaku yang wajahnya terlihat jelas dalam video viral yang diunggah oleh akun Instagram @jakartabarat24jam.

"Kami masih selidiki dulu pelakunya, sama lagi periksa saksi yang lain. Sejauh ini (diperiksa) baru si MI. Karena, kan, itu anak-anak sekolah juga, nanti kami butuh bersurat ke sekolah juga karena harus didampingi sama orang tua kan," katanya.

Aprino menambahkan bahwa pihaknya tidak begitu membutuhkan kamera pengawas (CCTV) lantaran wajah pelaku sudah terlibat jelas dalam video viral itu.

"Kalau CCTV, sih, menurut saya enggak terlalu urgent, ya, karena muka sudah jelas sekali itu," ???????kata Aprino.

Dalam video viral tersebut, pelaku menggunakan sepeda motor matik, mengenakan helm hitam, jaket hitam, celana jeans dan sepatu hitam sedang bernegosiasi dengan kedua korban, MI dan L.

Terdengar juga dari video tersebut, teman dari MI dan L yang mengambil video tersebut. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Siapkan 40 Ribu Kuota CPNS, 5% Ditempatkan di IKN


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ojol   Petamburan   Grogol   SMK   penipuan  

Terpopuler