2 Jemaah Calon Haji Asal Cianjur Batal Berangkat, Ini Sebabnya

Minggu, 12 Mei 2024 – 17:25 WIB
Koper jemaah calon haji asal Cianjur, Jawa Barat, sudah diterima Kementerian Agama Cianjur, selanjutnya akan dikirim lebih dulu ke Embakrasi Bekasi, Minggu (12/5/2024). (ANTARA/Ahmad Fikri).

jpnn.com - CIANJUR - Sebanyak dua jemaah calon haji asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, batal berangkat ke Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi.

Kementerian Agama Kabupaten Cianjur menyatakan dua jemaah calon haji batal berangkat karena sakit, dan belum bisa melunasi biaya pemberangkatan.

BACA JUGA: Ratusan Jemaah Haji Indonesia Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

Oleh karena itu, kedua JCH itu akan diganti dengan jemaah calon haji lain.

"Satu orang jemaah calon haji batal berangkat karena sakit dan satu orang belum bisa melunasi biaya keberangkatan, namun kuotanya tetap sama karena sudah diganti jemaah calon haji lain," Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Cianjur Rian Fauzi di Cianjur, Minggu (12/5).

BACA JUGA: Ini Jadwal Keberangkatan Perdana Jemaah Haji dari Bandara SMB II Palembang

Dia mengatakan total kuota jemaah haji asal Cianjur 2024 sebanyak 1.436 orang dan terbagi dalam empat kloter.

Menurut dia, dari 1.436 jemaah calon haji, 440 di antaranya akan berangkat Senin (13/5) sesuai kloter pertama Cianjur atau secara nasional masuk dalam kloter 7.

BACA JUGA: Sambut Musim Haji, InJourney Airports Siapkan 13 Bandara Embarkasi dan Debarkasi

Sementara, kloter 22 berangkat 21 Mei, kloter 47 tanggal 1 Juni, dan kloter 58 pada 6 Juni.

Setiap kloternya terdiri dari 432 calon jemaah haji.

"Namun, untuk kloter 58 digabung dengan daerah lain," ucap dia.

Rian menambahkan untuk pemberangkatan tahun ini, pihaknya terus memantau kesehatan jemaah calon haji, karena 78 orang di antaranya sudah berusia lanjut, sehingga akan mendapat pendampingan khusus dari petugas haji.

"Tercatat ada beberapa orang lansia yang sudah berusia 80 tahun, sehingga akan mendapat pendampingan khusus dari petugas, sedangkan yang lainnya kami minta untuk menjaga kesehatan dan segera lapor petugas ketika sakit di tanah suci," katanya.

Pihaknya berharap seluruh jemaah calon haji yang berangkat dalam kondisi sehat selama berada di tanah suci dan sampai kembali ke tanah air.

"Kami sudah memastikan jemaah calon haji yang berangkat dalam kondisi sehat karena sudah menjalan pemeriksaan," katanya.

Dia menambahkan selama jadwal pemberangkatan jemaah calon haji yang dilepas dari Kantor Kemenag Cianjur di Jalan Raya Cianjur-Bandung, akan menyebabkan antrean karena tingginya volume kendaraan terutama pihak keluarga yang mengantar jemaah calon haji.

"Kami minta pengguna jalan untuk memilih jalur lain saat hendak beraktivitas terutama berangkat ka kantor karena ada beberapa kloter yang dilepas keberangkatannya pada pagi hari, salah satunya kloter pertama," katanya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler