3 Aspek yang Membedakan Busi NGK dengan Kompetitor, Simak Nih

Minggu, 25 Desember 2022 – 00:30 WIB
Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano mengatakan setidaknya ada tiga aspek yang membedakan busi NGK dengan merek lain. Foto: dok NGK

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Saat ini beragam busi ditawarkan di pasaran untuk kendaraan bermotor yang dijual di Indonesia.

Salah satu merek busi yang dipercaya menjadi busi OEM ialah NGK.

BACA JUGA: Tidak Hanya Busi, NGK Juga Jual Rantai Motor

Busi asal Jepang itu mengisi OEM untuk beberapa pabrikan otomotif ternama baik roda empat maupun dua di Indonesia.

Namun, ada yang beranggapan bahwa semua busi sama saja. Padahal busi memiliki perbedaan spesifikasi tiap kendaraan.

BACA JUGA: NGK MotoDX, Busi Premium Khusus Motor Sport 150cc

Lantas apa yang membedakan busi NGK dengan merek lain di Indonesia?

Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano mengatakan setidaknya ada tiga aspek yang membedakan busi NGK dengan merek lain.

BACA JUGA: NGK Indonesia Meluncurkan Busi Terbaru Khusus Mesin Tipe NR, Sebegini Harganya

Dia menjelaskan pertama fitur logam mulia dan proses manufaktur.

"Hal inilah yang menjadi keunggulan produk NGK Busi dibandingkan kompetitor lain, sehingga dipercaya menjadi busi OEM beberapa pabrikan otomotif ternama di dunia," kata Diko saat acara coaching clinic di kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (24/12).

Dia menambahkan NGK menawarkan beberapa varian busi, mulai dari tipe standar sampai upgarade dengan fitur yang lebih baiuk.

Beberapa fitur yang menjadi pembeda antara lain bnentuk ground electrode, Center Electrode dan pemilihan material logam mulia pada masing-masing produk.

Menurut Dito pada model Ground Electrode, busi NGK memiliki beragam jenis pada seri precious metalnya seperti trapezoid, tapered, D-shape dan berapa tipe ground electrode lainnya pada model khusus di busi racing competition dan laser series.

Sementara itu, pada center electrode digunakan material logam mulia untuk meningkatkan performa dan usia pakai busi.

Jika dibandingkan kompetitor, kata dia, varian busi dengan spesifikasi tertinggi seperti Iridium menggunakan teknologi logam mulia ganda pada ground electrode dan center electrode-nya.

Sementara itu, pada busi MotoDX digunakan kombinasi logam mulia Iridium dan Ruthenium pada center electrodenya yang dilengkapi dengan bentuk ground elektroda 'D dhape" sehingga mampu menyempurnakan pembakaran.

Menurut Diko, busi NGK menggunakan serbuk khusus (Sealing Powder) yang berfungsi sebagai penguat struktur bentuk busi serta menahan kebocoran gas yang muncul dari ruang bakar.

Tak hanya itu, fitur lain yang digunakan busi NGK adalan variasi material bahan terutama logam mulia yang mampu menghantarkan listrik dengan baik serta memperpanjang usia pakai busi.

Adapun beberapa material logam mulia yang pernah dipakai oleh busi NGK adalah platinum, iridium dan ruthenium.

"NGK busi tidak memilih material AG (Argentum /silver) karena mterial tersebut mempunyai titik leleh yang rendah hingga membuat umur busi menjadi lebih cepat habis meskipun memiliki daya hantar yang baik," pungkas Dito. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... NGK Merilis Busi Mobil Khusus Mesin Tipe NR


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler