3 Band Taiwan yang Wajib Disaksikan di AXEAN Festival 2024

Jumat, 20 September 2024 – 05:31 WIB
The Chairs, salah satu band paling populer di Taiwan. Foto: Dok. TAICCA

jpnn.com, JAKARTA - Tiga band terkenal dari Taiwan yakni The Chairs, The Dinosaur’s Skin, dan I’mdifficult akan menjalani debut penampilan di Indonesia.

Ketiga grup tersebut bakal tampil dalam AXEAN Festival 2024, ajang musik regional se-Asia Tenggara dan Asia Timur yang digelar di Jimbaran Hub, Bali pada 28 hingga 29 September 2024.

BACA JUGA: Indra Lesmana Segera Tampil di Manly Jazz Festival dan Rilis Album Sydney Reunion

The Chairs merupakan trio asal Taichung yang pernah memenangkan penghargaan bergengsi Golden Melody Award pada 2019 lewat album Lovely Sunday.

Saat ini, The Chairs menjadi salah satu band paling populer di Taiwan dan telah menggelar tur di berbagai negara seperti Jepang, Tiongkok, Australia, dan Singapura tahun lalu, sebelum memulai tur di Tiongkok tahun ini untuk album terbaru The Great Escape Of Our Time.

BACA JUGA: Zeke and The Popo Rilis Ulang Album Space In The Headlines

Pada 2023, The Chairs juga tampil di acara JADED yang dikurasi di SXSW di Austin, Texas, bersama dengan artis Asia terkenal lainnya seperti Balming Tiger, 9m88, dan Tohji.

BACA JUGA: House of Protection Lepas EP Galore yang Sangat Berarti

Selanjutnya, The Dinosaur’s Skin merupakan duet misterius yang dibentuk oleh dinosaurus Trex dan Triceratops dari periode Kapur 65 juta tahun lalu.

Bertahan dari kepunahan massal dan melakukan perjalanan melalui wormhole ke Taipei modern, keduanya sekarang membuat lagu untuk mengenang teman-teman mereka yang hilang.

Dengan sebagian besar lagu berbahasa Inggris, The Dinosaur’s Skin menarik perhatian karena penampilan live yang unik dan memukau.

EP pertama Millions of Years Apart dinominasikan untuk kategori Best Vocal Group di Golden Melody Awards ke-32.

Band tersebut juga mewakili Taiwan di beberapa showcase di Amerika Serikat, termasuk di Taiwanese Waves di Central Park, New York pada 2023 dan SXSW di Austin tahun ini.

Sementara itu, I’mdifficult adalah salah satu band paling menjanjikan dari Taiwan.

Grup pop eksperimental asal Taipei itu mendapat perhatian dengan album terbaru yang berjudul I’mdifficult pada Desember lalu, dan mendapat ulasan positif dari kritikus maupun penggemar.

Tahun ini, I’mdifficult telah tampil di festival besar di Taiwan seperti Megaport dan menyelesaikan tur sukses di Jepang.

Pada akhir tahun ini, I’mdifficult juga akan tampil di SXSW Sydney di Australia.

Berikut jadwal penampilan I’mdifficult, The Chairs, dan The Dinosaur’s Skin di AXEAN Festival 2024:

I’mdifficult pada 28 September, 16.45 WITA di TuneCore Village Stage, lalu The Chairs pada 28 September, 17.15 WITA di Circle Stage, serta The Dinosaur’s Skin, 29 September, 21.00 WITA di Sunset Stage.

AXEAN Festival 2024 merupakan festival showcase musik pertama yang mempertemukan musisi indie dari seluruh Asia Tenggara dan Asia Timur.

Bertujuan untuk mengangkat musik Asia Tenggara ke panggung dunia dan memperkenalkan kekayaan budaya dari kawasan ini melintasi batas negara, AXEAN Festival menampilkan artis-artis indie terbaik dari negara-negara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Thailand, Taiwan, Filipina, dan Korea Selatan.

AXEAN Festival pertama kali diadakan sebagai festival showcase musik virtual pada 2020, dan menggelar konser fisik pertama di Singapura pada 2022 di Haw Par Villa dengan nama ASEAN Music Showcase Festival.

Tahun lalu, AXEAN Festival berlangsung di Goodman Arts Centre, Singapura. Tahun ini menjadi kali pertama AXEAN Festival diadakan di Indonesia.

Untuk gelaran tahun ini, selain ketiga band Taiwan di atas, sejumlah band Indonesia pun direncanakan tampil.

Nama penampil di AXEAN Festival 2024 yakni The Jansen, Navicula, Grrrl Gang, lightcraft, Milledenials, Assia Keva, Dialog Dini Hari, dan lainnya.

Turut hadir musisi regional seperti Josh Makazo (SG), mindfreakkk (TH), Zee Avi & The Good Things (MY), Golden Mammoth (MY), Munimuni (PH), Low Hanging Fruits (KR), The Hertz (HK), dan banyak lagi.

Taiwan Creative Content Agency (TAICCA) menjadi mitra penyelenggara AXEAN Festival 2024 sebagai bentuk komitmen untuk mendukung para artis Taiwan agar karya dikenal di pasar internasional. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler