3 Kekurangan Timnas Indonesia Menurut Shin Tae Yong

Jumat, 10 Desember 2021 – 21:59 WIB
Shin Tae Yong. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia hanya berhasil menang 4-2 melawan Kamboja dalam laga grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12) malam.

Manajer Pelatih Indonesia Shin Tae Yong mencatat ada tiga kekurangan yang membuat permainan anak didiknya dalam laga kontra Kamboja jauh dari kata memuaskan.

BACA JUGA: Indonesia tidak Difavoritkan Lolos Fase Grup AFF 2020, Shin Tae Yong Merespons

Pertama, sikap meremehkan pemain-pemainnya saat unggul jauh dari lawan. Di babak pertama, Indonesia memang sempat unggul 3-1 dan benar-benar menguasai permainan pada 30 menit pertama.

Kemudian, pada babak kedua, Indonesia sempat membuat skor jauh meninggalkan Kamboja menjadi 4-1.

BACA JUGA: Jelang Harbolnas 12.12, Pongo dan JD.ID Hadirkan Live Shopping di TikTok

Namun, gol itu tak membuat permainan Skuad Garuda makin dominan, justru performa Evan Dimas dkk menurun drastis sehingga lawan bisa memperkecil kedudukan jadi 4-2.

Parahnya lagi, pertahanan Indonesia dikurung oleh Kamboja.

BACA JUGA: Indonesia vs Kamboja: Shin Tae Yong Beri Instruksi Khusus agar Garuda Menang

"Karena itu, kami sempat unggul dengan skor jauh, sehingga para pemain menganggap lawan adalah tim yang mudah. Ini memang kesalahan para pemain kami," katanya.

"Setelah babak pertama, kami anggap terlalu mudah dan membuat kami menjadi kesulitan sendiri di sisa pertandingan," imbuh dia.

Kekurangan kedua pemainnya ialah kondisi fisik yang kurang maksimal.

Permainan dengan tempo tinggi dan pressing ketat di awal-awal laga, memang tampak menguras tenaga Skuad Garuda.  

"Kami melakukan pemusatan latihan di tempat sejuk (Turki, red), tetapi ke Singapura jadi panas. Itu membuat kondisi pemain menjadi turun, ada bagian yang harus saya perbaiki ke depannya," tuturnya.

Ketiga, masalah di sektor pertahanan. Dia menilai, belum tampilnya bek keturunan Elkan Baggott juga menjadi penyebab buruknya pertahanan Indonesia.

"Untuk pertandingan berikutnya pastinya akan saya perbaiki masalah bertahan ini. Beberapa pemain seperti Elkan juga akan bergabung, pasti bisa diperbaiki ke depannya," Shin Tae Yong menggaransi. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siang Bolong, Kantor Gubernur Sumsel Mendadak Mencekam, Ada Darah Mengalir


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler