3 Keuntungan Timnas Indonesia Memiliki Emil Audero, Nomor 1 Paling Menakutkan

Selasa, 08 Maret 2022 – 09:49 WIB
Kiper Sampdoria Emil Audero (tengah) diselamati rekan-rekannya seusai mementahkan eksekusi penalti penyerang AS Roma Edin Dzeko dalam lanjutan Liga Italia di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Minggu (2/5/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/SIPA USA/Nicolo Campo.

jpnn.com, JAKARTA - Nama Emil Audero Mulyadi akhir-akhir ini sering menghiasi jagat media massa Indonesia.

Kiper Sampdoria itu masuk dalam rencana Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Coach Shin ingin PSSI menjajaki kemungkinan menaturalisasi pesepak bola keturunan Indonesia-Italia tersebut.

BACA JUGA: Gacor Abis! 2 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Tebar Pesona di Eropa

PSSI sendiri merespons permintaan Shin Tae Yong dengan mengutus perwakilannya menuju Italia untuk bertemu manajer Emil. Hasilnya, eks kiper Juventus itu masih 'malu-malu' untuk mengiyakan ajakan membela Timnas Indonesia.

Emil, bahkan membutuhkan waktu satu minggu untuk mengambil langkah selanjutnya.

BACA JUGA: German Open 2022 Digelar Hari Ini: Indonesia Terjunkan 6 Wakil, Ada Jojo dan Ginting

"Kolega kami di Italia sudah bertemu manajer Emil Audero. Mereka butuh waktu satu minggu ke depan untuk menjawab iya atau tidak. Semoga Emil berkenan membela timnas (Indonesia, red)," ungkap Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

Apabila Emil mengiyakan ajakan PSSI dan bersedia menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), tentu ini menjadi kabar baik bagi Skuad Garuda.

BACA JUGA: MU Terpuruk di Derbi Manchester, Cristiano Ronaldo Malah Kabur ke Portugal, Ada Apa?

Setidaknya, ada tiga keuntungan apabila Timnas Indonesia memiliki Emil Audero Mulyadi di sektor penjaga gawang. Lantas, apa saja itu?

1. Berpengalaman Menghadapi Pemain Kelas Dunia

Emil saat ini berkarier di Serie A yang tak lain merupakan salah satu kompetisi sepak bola paling elite dunia.

Menjadi kiper utama Sampdoria, Emil sudah terbiasa melawan striker papan atas, seperti Zlatan Ibrahimovic, Lautaro Martinez, Ciro Immobile, hingga Dusan Vlahovic.

Kesempatan seperti ini jarang sekali dimiliki oleh pemain Timnas Indonesia. Kehadiran Emil tentu bakal membawa rasa aman di sektor belakang Skuad Garuda.

2. Pernah Digembleng Bareng Gianluigi Buffon

Sebelum berkarier di Sampdoria, Emil merupakan andalan tim junior Juventus. Dia kemudian promosi ke skuad utama pada 2016/17 lalu.

Dia menjadi kiper ketiga Si Nyonya Tua di bawah Buffon dan Neto. Artinya, Emil berbagi tempat latihan bersama salah satu kiper terbaik di dunia, Gianluigi Buffon.

Secara tak langsung Emil bisa saja mewarisi apa yang dimiliki oleh Buffon.

3. Opsi Penjaga Gawang Hebat Melimpah di Timnas Indonesia

Apabila Emil bergabung ke Timnas Indonesia, Shin Tae Yong akan memiliki banyak penjaga gawang hebat di tim asuhannya.

Pada Piala AFF 2020, pelatih asal Korea Selatan itu mengandalkan sosok Nadeo Argawinata di bawah mistar. Hasilnya, kiper Bali United ini tampil gemilang dan membawa Skuad Garuda menjadi runner up.

Salah satu penyelematan apiknya terjadi saat menggagalkan penalti bintang Singapura Faris Ramli pada semifinal turnamen antarnegara Asia Tenggara ini.

Nadeo juga terus tampil konsisten bersama Bali United dan mengantar timnya untuk sementara bercokol di peringkat pertama Liga 1 2021/22.

Aman rasanya apabila melihat Indonesia memiliki dua kiper sekaliber Nadeo dan Emil.(mcr15/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manchester City Diusik Liverpool, Pep Guardioa Beri Jawaban Cerdas


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler